by

Perkuat Pendataan FKUB, Cara Kemenag Sudahi Intoleransi Beragama

KalbarOnline.com – Persoalan intoleransi, ekstrimisme dan ketidakrukunan dalam beragama masih terjadi dan ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Hal itu terusm menjadi sorotan Menteri Agama (Menang), Fachrul Razi.

“Saya selalu mendukung 100 persen upaya-upaya penguatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB, red), termasuk penyedian saoal data-datanya,” ujar Fachrul Razi dalam acara Balitbangdiklat Kemenag bertajuk ‘Religious Policy Forum: Moderasi Beragama, Kerukunan Umat Beragama dan FKUB, (8/12).

Fachrul Razi memastikan, pemerintah dalam hal ini akan memberikan dukungan anggaran kepada pemerintah daerah untuk pengembangan pendataan FKUB. “Misalnya meniscayakan adanya peta kondisi FKUB yang selalu terupdate,” ujar Fachrul Razi.

  • Baca Juga: Menag Minta Polisi Hukum Pelaku Pembantaian Keluarga di Sulteng

Bahkan, dirnya berharap, data yang disajikan mengenai FKUB bisa lebih lengkap, sehingga semua pihak dapat mengaksesnya dengan mudah. Sebab kerukunan umat beragama sebagai bagian penting dari kerukunan nasional yang sejatinya merupakan tugas bersama umat beragama, pemda dan pemerintah.

“Termasuk kalangan masyarakat madani. Karenanya, kolaborasi Balitbang, FKUB, Pangkalan data ini misalnya, sangat saya dukung. Ini eranya kolaborasi untuk kemajuan bersama, kemaslahatan umat dan bangsa,” pungkasnya.

Comment

News Feed