by

Selain Patuh Protokol 3M, Cegah Covid-19 dengan Jaga Kebersihan Mulut

KalbarOnline.com – Untuk mengurangi jumlah virus dalam mulut, rongga mulut dan gigi, caranya bisa dengan rajin membersihkannya dengan menyikat gigi atau berkumur dengan obat kumur (mouthwash). Apalagi di era pandemi Covid-19, selain wajib menjaga kebersihan mulut, maka penting untuk wajib menerapkan protokol kesehatan 3M yakni wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.

Dokter Gigi dan Peneliti Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M.Kes. mengungkapkan sebuah uji klinis dari sekelompok peneliti independen di Singapura yang melibatkan sejumlah penderita Covid-19. Uji klinis tersebut memperlihatkan bahwa berkumur dengan mouthwash yang mengandung CPC dapat mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 secara signifkan setelah berkumur selama 30 detik, dan efeknya bertahan selama 6 jam .

“Sehingga dengan menjaga kebersihan mulut bisa memberikan perlindungan tambahan kepada para tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan dalam upaya menekan laju transmisi Covid-19,” ujarnya.

Hasil uji awal menunjukkan bahwa penggunaan mouthwash dengan teknologi CPC memiliki peran penting untuk melengkapi anjuran 3M sebagai langkah pencegahan untuk membantu mengurangi transmisi Covid-19, saat digunakan sesuai dengan aturan pada kemasan. CPC juga dikenal efektif mengatasi berbagai penyakit dan masalah mulut lain dengan sifat anti virusnya.

“Mengurangi jumlah virus di mulut dipercaya dapat membantu mengurangi penularan. Berbagai temuan menunjukkan bahwa mouthwash berpotensi menjadi tambahan penting untuk tindakan perlindungan sehari-hari lainnya, seperti mencuci tangan, menjaga jarak secara fisik, dan mengenakan masker,” kata Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc dalam webinar, Selasa (8/12).

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk mengambil tindakan perlindungan dan pencegahan transmisi Covid-19 bersama dengan langkah-langkah yang direkomendasikan oleh otoritas kesehatan. Pada akhirnya, para dokter gigi juga mengajak masyarakat semakin melindungi diri dan keluarga terhadap risiko penyebaran Covid-19 melalui tindakan 3M Ekstra.

“Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak fisik, Menggunakan masker, dan dilengkapi dengan Menjaga kesehatan rongga mulut. Dengan menerapkan kebiasaan yang baru ini, kita bisa berperan mengurangi angka transmisi Covid-19 di lingkungan kita,” tutup Drg. Mirah.

Comment

News Feed