by

RK Minta Produk Inovasi Penanganan Covid-19 Dipakai Perdana di Jabar

KalbarOnline.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) meminta agar produk inovasi dan teknologi yang dikembangkan pihaknya dapat dimanfaatkan secara perdana untuk penanganan Covid-19 di wilayahnya. Di mana produk tersebut merupakan karya anak bangsa.

Produk inovasi ini dihasilkan oleh Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), Intitut Pertanian Bogor (IPB) hingga Telkom University (Tel-U) yang diyakini memiliki kualitas tinggi. “Produk-produk inovasi ini datang dari Jawa Barat, jadi kami mohon izin dipergunakan dulu untuk warga Indonesia di Jawa Barat,” ujar Emil dalam Kunjungan Kerja Menristek di Bandung secara virtual, Selasa (8/12).

Untuk itu, ia pun meminta agar Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro memberikan izin untuk penggunaan produk tersebut dan menyerahkannya ke beberapa rumah sakit di Jabar. Dengan harapan produk itu dapat membantu penanganan virus di daerahnya.

Emil, sapaan akrabnya berujar, produk inovasi ini menunjukkan bahwa SDM di Jabar begitu produktif untuk mencari solusi di tengah pandemi. “Jawa Barat punya perguruan tinggi negeri dan swasta itu lebih dari 500, menunjukkan SDM di Jawa Barat ini relatif sangat tinggi kualitasnya,” tutup Emil.

Baca juga: Ekosistem Digital Bantu Percepatan Penanganan Covid-19

Sebagai informasi, dalam acara tersebut Menristek juga melakukan penyerahan produk inovasi ke Pemprov Jabar, antara lain:

1. Robot Sterilisasi Ruangan Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR).

2. Alat Tes COVID-19 Uji CePAD Antigen.

3. Ventilator X-VENT XMV 20 Frontliner.

4. Purifier/Respirator PAPR LCC-Respira V.01.

5. Ventilator Transport Covent-20 UI.

6. Teknologi Pembersih Udara ATTACT.

7. Ventilator Indonesia (Vent-I).

8. Mobile Lab Biosafety Level-2.

9. Ventilator Roboflow HNFC.

Bukan itu saja, paket imunitas produk inovasi Indonesia yang juga diberikan, yaitu:

1. Wedang Uwuh.

2. Teh Jahe.

3. Virgin Coconut Oil (VCO).

4. Vitamin OST-D.

5. Minyak Kayu Putih.

6. Curcuma Pro.

7. Permen Cajuput.

8. Teh Dia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed