PT WHW Kembali Salurkan Bantuan CSR Untuk Pelestarian Budaya dan Kesehatan Masyarakat

PT WHW Kembali Salurkan Bantuan CSR Untuk Pelestarian Budaya dan Kesehatan Masyarakat

KalbarOnline, Ketapang – PT Well Harvest Winning (WHW) Alumina Refinery kembali menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) ke masyarakat di Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Bantuan tersebut berfokus pada kegiatan pelestarian budaya dan kesehatan masyarakat.

Pada kegiatan budaya, Kontribusi CSR PT WHW membantu dua penyelenggaraan Budaya dan Adat khas Kalimantan Barat, dengan ikut berkontribusi dalam penyelenggaraan ritual tahunan Adat Melayu Siang Kampung dan Gawai Adat Dayak Bapalas Benua. Sementara untuk sektor kesehatan, PT WHW kembali menyalurkan batuan tes usap atau swab metode PCR TCM (Tes Cepat Molekuler) gratis, yang sebelumnya ke puluhan petugas medis, kini membantu empat petugas kepolisian setempat dalam upaya pencegahan risiko tertular Covid-19.

Baca Juga :  Warga Ketapang Sambut Baik Jika Kapal Express Dioperasikan Kembali

Pelaksanaan uji sampel usap PCR TCM tersebut dilakukan di Laboratorium PT WHW di Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Adapun pelaksanaan serah terima kedua sektor bantuan tersebut dilaksanakan mulai November hingga Desember 2020.

Direktur PT WHW, Boni Subekti mengatakan, ragam bantuan CSR tersebut dilaksanakan secara berkelanjutan karena pelaksanaan CSR ini sudah menjadi amanat untuk kepatuhan terhadap Peraturan Menteri ESDM No. 41 tahun 2016 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan masyarakat.

“Terdapat prasyarat Nasional dan internasional bahwa setiap pembangunan harus ada berkomitmen tetap menjaga lingkungan, kesehatan, dan menghargai nilai-nilai sosial budaya masyarakat termasuk didalamnya adalah masyarakat adat dan warisan budaya setempat,” kata Boni Subekti.

Salah satu penerima bantuan CSR PT WHW yakni Kepala Dusun Sungai Tengar, Aguslan Siregar mengucapkan, terima kasih kepada PT WHW yang peduli dan berkomitmen dalam melestarikan budaya Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Paparkan Visi-Misi, ISO BISA Mulai Panaskan Mesin Politik

“Setiap tahun PT WHW menyalurkan bantuan ke warga kami untuk menggelar adat budaya melayu siang kampung. Secara turun menurun budaya ini kami lestarikan sebagai ungkap rasa syukur dan memohon agar warganya yang bekerja sebagai nelayan diberi keselamatan dan kemakmuran,” ungkap Aguslan.

Selain itu, bantuan CSR PT WHW juga berkontribusi pada Kegiatan Gawai Adat Dayak Bapalas Benua yang digelar di Desa Mekar Utama, Kendawangan, pada Sabtu (07/11/2020). Kegiatan tersebut adalah kegiatan Adat Dayak yang dilaksanakan sebagai warisan budaya setempat yang bertujuan untuk membersihkan kampung agar masyarakat mendapatkan keselamatan dan terhindar dari bencana.

Comment