by

Kapolri Instruksikan Jajarannya Kedepankan Edukasi dalam Operasi Zebra

KalbarOnline.com – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, menginstruksikan seluruh jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) untuk mengedepankan proses edukasi dalam pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2020 se-Indonesia. Penegakan hukum berupa pemberian tilang merupakan pilihan terakhir yang diberikan kepada pelanggar.

“Sebagaimana arahan Pak Kapolri Jenderal Idham Azis, beliau memberikan arahan bahwa Operasi Zebra tahun ini lebih mengedepankan simpatik dan edukasi. Tidak ada tilang dan target tilang,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono kepada wartawan, Jumat (29/10).

Operasi Zebra di saat masa Pandemi Covid-19, kata Argo lebih berorientasi pada kegiatan simpatik. Seperti penyuluhan, penerangan, pembagian masker, sembako dan kegiatan sosial lainnya. “Operasi kemanusiaan di tengah pandemi lebih dibutuhkan masyarakat,” imbuh Argo.

Baca juga: Porsi Tilang Operasi Zebra Hanya 20 Persen

Diketahui, Korlantas Polri menggelar Operasi Zebra mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020. Dalam operasi kali ini, Korlantas mengerahkan 160.916 personel aparat gabungan untuk mengamankan libur panjang Maulid Nabi. Dengan rincian 94.170 personel Polri, 24.448 personel TNI, dan unsur terkait 42.298 personel.

Selain itu, terdapat 645 Pos Keamanan dan Pos Terpadu yang disiapkan. Pos pengamanan difokuskan di jalur tol, rest area, jalur arteri, lokasi wisata, dan jalur alternatif ataupun tempat penyeberangan ASDP.

Polri menekankan Operasi Zebra 2020 mengedepankan upaya-upaya humanisme, serta mengedukasi kesadaran masyarakat dalam berkendara. Sebab operasi kali ini masih bertepatan dengan pandemi Covid-19.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed