Berkaca dari Kebakaran Gedung Kejagung, Kapolri Keluarkan 5 Instruksi

KalbarOnline.com – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mengeluarkan 5 intruksi kepada seluruh jajarannya untuk mencegah instansinya dilanda kebakaran seperti yang menimpa Kejaksaan Agung (Kejagung RI). Intruksi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri Nomor STR/507/VII/PAM.3./2020 tertanggal 24 Agustus 2020.

Surat tersebut ditandatangani oleh Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak. Isi surat tersebut bahwa Kapolri mengingatkan kepada jajarannya untuk mencegah adanya gedung Polri yang dilanda kebakaran. Serta mengamankan seluruh data agar tidak hilang ketika terjadi bencana.

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono membenarkan adanya telegram rahasia tersebut. Menurutnya, intruksi itu tidak hanya berlaku bagi jajaran Polri di tingkat Mabes, melainkan hingga tingkat Polsek.

Baca Juga :  Pemuda Pancasila: Ganjalan Komjen Listyo Datang dari Kaum Intoleran

“Semua gedung Polri, bukan hanya Mabes Polri,” kata Argo saat dikonfirmasi, Selasa (25/8).

Berikut 5 poin intruksi Kapolri dalam surat telegram rahasia tersebut:

1. Tingkatkan pengamanan Mako Polri baik yang ada ditingkat pusat/Mabes, Polda, Polres maupun Polsek, dan pastikan bahwa Mako dalam keadaan aman baik dari ancaman sabotase, teror ataupun perbuatan pidana lainnya.

2. Lakukan pemeriksaan terhadap jaringan instalasi listrik termasuk AC, komputer, elektronik dan lain-lain yang ada di Mako masing-masing untuk memastikan aman dari bahaya kebakaran.

Baca Juga :  Jokowi Terima 5 Calon Kapolri Baru, Ini Daftarnya

3. Memasang alat pemadam kebakaran pada lokasi-lokasi tertentu yang strategis dan memastikan bahwa alat pemadam kebakaran itu berfungsi dengan baik.

4. Seluruh dokumen dan data-data penting agar disimpan/diamankan secara digital sebagai backup.

5. Perintahkan Kayanma/petugas piket fungsi untuk melakukan patroli secara rutin ke seluruh bangunan gedung Mako, guna memastikan bahwa mako dalam keadaan aman dari bahaya kebakaran.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment