Bupati Martin Ingatkan Kades Gunakan ADD Untuk Kemanfaatan Masyarakat

Bupati Martin Ingatkan Kades Gunakan ADD Untuk Kemanfaatan Masyarakat

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan resmi melantik dan mengambil sumpah Kepala Desa Suka Mulya, Kecamatan Sungai Melayu Rayak, Sabtu (8/8/2020).

Bupati menekankan, usai seremonial pelantikan, kades harus segera bekerja sesuai tupoksi, sesuai dengan tugas dan wewenang yang telah diamanahkan. Bupati menegaskan, dalam melaksanakan tugas, kades harus mengedepankan  transparansi, akuntabilitas dan sinergisitas.

Dikatakan Bupati, Kepala Desa harus senantiasa meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawab serta memimpin dan mengelola keuangan desa dengan sebaik-baiknya.

“Jalin kerjasama yang baik dengan perangkat yang sudah ada di desa dan lakukan pembagian tugas sesuai tugas dan fungsi masing-masing perangkat,” kata Martin.

Lebih lanjut, Kades juga harus mempercepat langkah untuk menyusun rancangan peraturan daerah tentang rencana kerja pemerintah desa tahun anggaran 2021, perdes harus dibahas dengan DPD. Bupati mengingatkan, agar dana desa yang dikelola oleh para kades terkontrol demi untuk kemanfaatan masyarakat yang sebesar-besarnya.

Baca Juga :  Kantor BKPSDM Ketapang Terbakar

“Dana Desa harus digunakan untuk kepentingan masyarakat yang sebesar-besarnya, untuk peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan publik termasuk diantaranya pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19,” terang Bupati.

Orang nomor wahid di Bumi Ale-Ale ini menambahkan, di masa new normal, Kades dan seluruh unsur masyarakat diminta untuk tetap dapat produktif dan kedepankan protokol kesehatan.

“Masyarakat tetap menjalankan aktivitas ekonomi dan sosial, namun tetap mengedepankan protokol kesehatan,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga meminta kepada seluruh masyarakat dan DPD Ketapang mendukung Kepala Desa Suka Mulya yang baru dilantik agar pemerintah desa dapat berjalan lancar.

Baca Juga :  RSUD dr Agoesdjam Ketapang Rawat WNA Diduga Terpapar Virus Corona

Sedangkan untuk Kades, ditegaskan Bupati agar patuh aturan dan menghindari perbuatan yang melanggar norma agama kesusilaan keagamaan serta normal hukum yang berlaku.

“Kades dituntut dapat menjadi figur yang baik bagi masyarakat,” jelas Bupati.

Terkait dengan musim politik, pemilukada yang akan terjadi di Ketapang beberapa bulan ke depan, Bupati mengingatkan agar seluruh elemen masyarakat jaga kondusifitas.

“Jelang dilaksanakan Pilkada serentak, saya minta kepada seluruh Kepala Desa, DPD dan unsur masyarakat yang ada di desa untuk senantiasa menjaga suasana harmonis dan kondusif yang saat ini terjaga baik, sehingga Pilkada dapat berjalan lancar, aman dan terkendali,” pungkas Bupati. (Adi LC/Humpro Ketapang)

Comment