by

Rakor Persiapan Pilot Project Adaptasi Kebiasaan Baru di Kabupaten Sekadau

Rakor Persiapan Pilot Project Adaptasi Kebiasaan Baru di Kabupaten Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Polres Sekadau menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pilot project Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang digelar di aula Bhayangkara Patriatama, Selasa (4/8/2020) pagi pukul 08.00 WIB.

Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala, S.I.K., S.H., M.H dalam sambutannya mengatakan, sejak diberlakukannya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), hasil pantauan dilapangan masih banyak ditemukan warga yang tidak menjalankan protokol kesehatan (Prokes).

Oleh sebab itu, selaku Gugus Tugas Percepatan Pengananan Covid-19 Kabupaten Sekadau mengupayakan agar masyarakat bisa terus produktif dengan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Dalam Pilot Project tersebut, Kapolres menyebut Polres Sekadau menyiapkan 2 (dua) lokasi yaitu warung kopi Akhiang di komplek Pasar Baru dan warung kuliner di Terminal Lawang Kuari Sekadau.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, konsep Pilot Project AKB ini untuk membina masyarakat supaya menjadi contoh dalam menerapkan protokol kesehatan dan membangun budaya masyarakat agar selalu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Pilot Project ini jadi tantangan berat terutama menyangkut perekonomian para pedagang dimana terhadap konsumen yang datang akan kita batasi jumlahnya, dan pilot project ini harus disosialisasikan terhadap semua pedagang supaya tidak terjadi kesalahpahaman,” terang Kapolres.

“Terkait kegiatan ini nantinya akan rutin kita laksanakan dan terus kita evaluasi perkembangannya. Kita jaga Sekadau supaya tetap menjadi zona hijau, bebas dari indikasi virus Covid-19,” jelas Kapolres.

Rapat koordinasi dilanjutkan dengan paparan Kabagops AKP Muhammad Aminuddin, S.I.K., M.H mengenai rancangan pelaksanaan Pilot Project AKB di warung kopi Akhiang dan Terminal Lawang Kuari.

Dalam teknis pelaksanaannya nanti, Kabagops menjelaskan dibagi di dua tempat dengan melibatkan personel gabungan dari TNI Polri, BPBD, Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau dalam tugas memberikan pengawasan masyarakat menjalankan protokol kesehatan.

“Alur pendisiplinan masyarakat yaitu, pengunjung datang diwajibkan memakai masker, pengecekan suhu tubuh kemudian cuci tangan dan menjaga jarak duduk. Disetiap pintu masuk dan keluar akan dijaga oleh petugas gabungan. Dan untuk parkir kendaraan juga akan dilakukan pengaturan dengan menjaga jarak parkir,” urai Kabag Ops.

Hadir dalam rapat, Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala, S.I.K., S.H., M.H, Sekda Nurhadi, S.IP, Kalak BPBD Martius Jhon, Pabung Kodim 1204 Sanggau Mayor Arh. M. Agus Setiawan, Kasat Pol PP Yapet Simon, PJU Polres Sekadau, Perwakilan Dishub, Dinkes dan koordinator pedagang kaki lima. (Mus)

Comment

News Feed