by

Kisah Kakek Darmo, Si Penjual Pisau Dapur Keliling

Meski sudah memasuki usia senja, tetapi semangat 45 masih berkobar di dalam jiwa

KalbarOnline, Sekadau – Di usia yang tak lagi muda, Embah Kakek Darmo (90), masih mengais rezeki walau hanya berjualan pisau dapur dengan berkeliling Kota Kabupaten Sekadau.

Kakek yang berasal dari Jawa Tengah tepatnya di Kampung Darejo ini patut dicontoh anak muda, walaupun sudah memasuki usia senja tetapi semangat 45 masih berkobar di dalam jiwa.

“Kalian orang muda harus semagat maksimal pagi-pagi sudah bangun cari rezeki,” katanya.

Kakek Darmo menuturkan bahwa dirinya berangkat ke Kalimatan Barat pada tahun 1982.

“Waktu itu Sekadau masih sepi pasarnya, sekarang Sekadau udah ramai sekali dan maju,” ujarnya.

Di Sekadau, kakek Darmo tinggal di Surya deli dan dirinya mengaku betah, bahkan sudah menganggap Sekadau seperti daerah sendiri.

“Kalau balik ke Jawa lain rasanya,” terangnya.

Kakek Darmo tersebut mungkin hanyalah salah satu dari ribuan, bahkan jutaan orang yang sudah lanjut usia, namun masih tetap bekerja keras demi menghidupi keluarga.

Contohnya saja dijalanan, pastinya kita sudah sangat sering melihat seorang kakek atau nenek yang masih berjualan, entah itu minuman ataupun makanan buah-buahan dll.

Lalu, apa yang bisa kita petik dari kisah si kakek diatas, sebuah kerja keras. Berapa banyak dari kita yang masih muda, namun sudah malas untuk bekerja bangun pagi pun kesiangan.

Menurut salah seorang ibu-ibu pembeli pisau dapur sang kakek yang tidak mau namanya disebut, dirinya meyakini di belahan dunia ini masih banyak seperti kakek Darmo.

“Sudah sepatutnya kita membantu mereka, meskipun tidak banyak, setidaknya belilah dagangan mereka. Dengan begitu saja, saya yakin mereka akan bahagia karena dagangannya ada yang membelinya,” tandasnya. (Mus)

Comment

News Feed