by

MTAMT Gelar Maulid Tradisional di Mongko Hilir

MTAMT Gelar Maulid Tradisional di Mongko Hilir

KalbarOnline, Sekadau – Majelis Taklim Al-Barzanji Maulid Tradisional (MTAMT) Kabupaten Sekadau melanjutkan kegiatan Maulid Nabi keliling. Kali ini perayaan peringatan hari lahir Nabi Muhammad ke-1443 Hijriah oleh MTAMT Sekadau ini dipusatkan di Masjid At-Taubah, Desa Mongko Hilir, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Rabu, 20 Oktober 2021.

Perayaan maulid tradsional di Desa Mongko Hilir ini berlangsung meriah bahkan suasananya hampir mirip seperti suasana hari raya Idul Fitri. Tiap warga desa saling kunjung mengunjungi rumah saudara dan tetangganya. Berkunjung ke rumah untuk bersilaturahim terutama warga yang datang dari jauh rumah saudara yang lebih tua atau orang-orang yang dituakan di Desa Mongko Hilir.

Masing-masing warga menyajikan sejumlah jenis makanan, minuman termasuk untuk para tamu jamaah maulid MTAMT. Tradisi ini sudah turun-temurun dilakukan oleh warga Mongko Hilir.

Ketua maulid tradisional Desa Mongko Hilir Hadransyah mengatakan, melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad dapat meneladani sifat-sifatnya dengan cara meningkatkan ukhuwah silaturahmi dan saling maaf-memaafkan. Hal ini sesuai dengan tema besar maulid tradisional yang digelar pihaknya yakni ‘Saling Bebagi di Masa Pandemi’.

“Tema ini adalah wujud sikap meneladani Nabi Muhammad dan para sahabat yang selalu bersikap welas asih dan senantiasa menolong siapapun yang membutuhkan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota DPRD Sekadau Muhammad Jais mengingatkan jamaah untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Tidak bisa tidak. Ayo bareng-bareng dari kesadaran kita masing-masing. Dan mari kita sering-sering bershalawat kepada Rasulullah agar pandemi cepat berakhir,” ucapnya.

Ia juga meminta masyarakat Desa Mongko untuk tak segan mendatangi kediamannya untuk silaturahim. Ataupun mengundang kehadirannya pada kegiatan yang direncanakan masyarakat.

“Terkait dengan penyelenggaraan kegiatan Insya Allah jika tidak ada halangan saya pasti datang,” katanya.

Dalam kegiatan maulid tradisional ini diisi dengan serangkaian kegiatan juga dilaksanakan gunting rambut delapan balita setempat dan sarakal puji-pujian kepada Baginda Rasulullah.

Perayaan maulid tradisional yang diselenggarakan oleh warga Desa Mongko Hilir ini turut dihadiri para jamaah dari kecamatan lainnya yang sengaja datang untuk bersilaturahmi saling bermaafan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pengurus MTAMT Sekadau, pengurus Masjid At-Taubah dan seluruh jamaah yang berasal dari berbagai daerah di Sekadau. (Mus)

Comment

Terbaru