by

Ban Milik Hamilton dan Bottas Hancur, Curigai Disebabkan Oleh Kimi

KalbarOnline.com – Tragedi ban hancur mewarnai lap-lap terakhir GP Inggris di Sirkuit Silverstone Minggu malam lalu WIB (2/8). Awalnya yang pecah adalah ban kiri depan driver Mercedes Valtteri Bottas di lap ke-50.

Lalu menyusul pembalap McLaren Carlos Sainz Jr dan yang terakhir milik juara dunia Lewis Hamilton pada lap terakhir.

Anehnya, semua ban yang pecah itu adalah ban depan kiri. Tentu, hal itu menjadi perhatian banyak pihak. Pirelli selaku pemasok tunggal ban F1 berjanji mengevaluasi dan menyelidiki kasus tersebut secara menyeluruh.

’’Kami akan menginvestigasi semua kejadian di lap-lap terakhir,’’ ucap bos Pirelli Mario Isola seperti dilansir Motorsport.

Isola menyatakan terlalu cepat untuk membuat kesimpulan saat ini. Banyak hal yang dicurigai menjadi penyebab. Salah satunya keausan tingkat tinggi saat dipakai mengaspal di sirkuit cepat Silverstone.

’’Ban yang digunakan di sirkuit ini selama 38 lap jelas bekerja sangat keras. Tapi, aku tidak bilang bahwa keausan adalah penyebab masalah ini,’’ tambah Isola.

Isola juga memberikan kemungkinan lain. Bisa jadi ban itu hancur karena terkena serpihan bodi mobil yang tersisa di atas lintasan. Pada lap terakhir, memang ada insiden yang dialami pembalap Alfa Romeo Racing Kimi Raikkonen. Sayap depan mobilnya lepas dan hancur di lintasan.

’’Serpihan bisa jadi merupakan penyebab lain. Sebab, kami memang melihat ada sisa serpihan dari mobil Kimi di lintasan,’’ kata Isola. ’’Karena itu, kami akan menginvestigasi semua ban. Bukan hanya milik Lewis, Valtteri, dan Carlos. Kami akan memeriksa ban-ban yang digunakan pada lap-lap terakhir untuk menemukan bukti terkait insiden ini,’’ janji dia.

Hamilton mengakui bahwa dirinya merasakan ada serpihan-serpihan yang menempel pada ban depan kirinya di lap terakhir. Dia begitu bersyukur dengan kondisi ban yang nyaris lepas masih mampu mengendalikan mobil dengan baik dan meraih kemenangan pada balapan GP Inggris.

’’Aku cukup yakin itu (hancurnya ban kiri depan miliknya, Red) disebabkan oleh serpihan. Sebab, aku memang melihat banyak serpihan di lintasan yang tersisa. Sepertinya berasal dari mobil Kimi,’’ duga Hamilton.

Isola berharap hasil investigasi bisa diketahui hari ini.

Comment

News Feed