by

Victory Terakhir Milik Max Verstappen, Mercedes Double Podium

KalbarOnline.com – Jagoan Red Bull Max Verstappen sukses menutup musim 2020 dengan sebuah kemenangan. Dia tampil dominan pada GP Abu Dhabi tadi malam (13/12). Pembalap asal Belanda itu memaksimalkan pole position yang dia raih pada kualifikasi sehari sebelumnya.

Kecepatan Verstappen bersama RB16 sulit dikejar duo Mercedes Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton. Verstappen mengatakan sangat menikmati race tadi malam.

”Begitu memulai balapan di posisi terdepan, aku bisa mengontrol balapan lebih banyak dan itu membuat hidupku lebih mudah,” ucapnya di parc ferme Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.

Baca Juga: Lewis Hamilton Positif Covid-19, George Russell Jadi Pengganti

Dominasi Verstappen pada seri penutup musim tersebut ditandai dengan gap 15,976 detik dari Bottas yang berhasil finis kedua. Kemenangan tersebut merupakan kali kedua buat Verstappen musim ini setelah 70th Anniversary GP di Silverstone pada 9 Agustus 2020.

”Red Bull sangat cepat hari ini (kemarin, Red). Aku sudah melakukan semampuku, tetapi tidak bisa mengejar mereka,” papar Bottas.

Meski begitu, Mercedes berhasil kembali ke podium setelah pekan lalu mereka tanpa seorang wakil pun di tiga besar. Hamilton yang comeback setelah pulih dari virus Covid-19 membuktikan dirinya sebagai pembalap tangguh di lintasan.

Walaupun, sebenarnya juara dunia 2020 itu mengaspal dengan persiapan yang relatif singkat. Sebagai juara dunia musim ini, dia mengaku tidak bisa memenangi seluruh balapan.

Termasuk pada GP Abu Dhabi kemarin, ketika dia kembali dari pemulihan pasca terinfeksi Covid-19. ”Tentu saja (fisikku, Red) belum 100 persen dan mungkin tidak sebagus yang kami harapkan,” paparnya.

Meski begitu, pembalap Inggris tersebut sangat senang atas prestasi tadi malam, mengingat momen sulit yang terjadi pada minggu lalu.

BACA JUGA:  Bos Mercedes Terang-Terangan Menyebut Max Verstappen Pesaing Terberat

Musim ini, Mercedes bersama Hamilton dan Bottas nyaris mendominasi semua seri. Mereka hanya kehilangan 4 di antara 17 seri yang berlangsung musim ini.

Verstappen membongkar dominasi tersebut dengan dua kali memenangi balapan. Sementara itu, dua kemenangan lainnya menjadi milik Pierre Gasly dari Alpha Tauri dan Sergio Perez (Racing Point).

Secara keseluruhan, hanya mesin Mercedes dan Honda yang mampu berkibar di podium tertinggi musim ini. Lima pembalap yang sukses memenangi GP musim ini menggunakan suplai mesin Mercedes dan Honda.

Di sisi lain, Ferrari mengalami musim yang sulit. Demikian pula dengan mobil dengan suplai power unit dari Renault.

Tetapi, musim 2021 bakal menghadirkan persaingan yang tak kalah sengit. Para pembalap rookie yang hadir tahun depan bisa memberikan kejutan. Meskipun, secara teknis mesin yang digunakan para tim peserta masih sama dengan yang dipakai pada musim 2020.

Artinya, berkaca pada persaingan tahun ini, Mercedes dan Red Bull masih berpotensi untuk meramaikan persaingan papan atas.

Namun, jangan lupakan kans kejutan dari Ferrari, McLaren, Renault, dan Aston Martin (Racing Point). Sebab, ada perubahan line-up pembalap di skuad mereka. Fernando Alonso ”pulang” ke rumahnya. Dia akan membalap untuk Renault musim depan. Sementara itu, Daniel Ricciardo berlabuh dengan McLaren.

Lalu, ada Sebastian Vettel yang akan menjadi jagoan baru Aston Martin. Sedangkan, Ferrari berharap pada Carlos Sainz untuk bisa kembali ke jajaran tim papan atas F1 musim depan.

Comment