Kenapa Orang Dewasa Perlu Imunisasi? Salah Satunya karena Aktif Secara Seksual

Seperti yang diketahui, imunisasi atau vaksin umumnya diberikan saat kita masih bayi, balita, ataupun anak-anak. Namun, vaksin atau imunisasi juga perlu untuk orang dewasa nih, Gengs. Nah, pernahkah Kamu bertanya-tanya kenapa orang dewasa perlu imunisasi? Yuk, ketahui satu per satu alasannya!

Kenapa Orang Dewasa Perlu Imunisasi?

Ada berbagai alasan orang dewasa juga perlu memperoleh imunisasi atau vaksin. Vaksin yang diperlukan untuk orang dewasa tergantung pada usia, gaya hidup, rencana perjalanan, hingga kondisi medis tertentu. Berikut berbagai alasan orang dewasa perlu imunisasi dan harus Kamu ketahui!

1. Sebagai booster atau penguat vaksin yang pernah diberikan saat kecil

Kamu mungkin telah memperoleh vaksin saat masih anak-anak. Namun, beberapa vaksin perlu diulang kembali sebagai penguat agar memberikan perlindungan optimal nih, Gengs. Selain itu, bagi Kamu yang suka bepergian, segeralah dapatkan vaksin, seperti meningitis, hepatitis A, ataupun B.

2. Beberapa vaksin memang hanya dibuat untuk orang dewasa

Meskipun sebagian besar vaksin dibuat untuk bayi, namun ada vaksin yang hanya ditujuan untuk orang dewasa. Misalnya vaksin herpes zoster. Herpes zoster disebabkan oleh reaktivasi virus cacar air. Jika Kamu pernah mengalami cacar air waktu kecil, virusnya akan “tidur” dan satu saat muncul dalam bentk herpes zooster.

Inilah alasan orang dewasa perlu vaksin. Gejala herpes zoozter lebih berat daripada cacar air, menyebabkan ruam kulit yang parah dan terasa menyakitkan karena juga menyerang saraf. Risiko herpes zoster ini meningkat seiring bertambahnya usia seseorang. Vaksin ini sebaiknya diberikan untuk orang dewasa yang berusia 60 tahun ke atas.

Baca Juga :  Kubu Raya Akan Terima 792 Vial Vaksin Covid di Tahap Pertama

Baca juga: Imunisasi, Bantu Cegah Penyebaran Penyakit

3. Mencegah flu musiman

Setiap orang perlu vaksin influenza dan sebaiknya dilakukan setiap tahun. Influenza berbeda dengan batuk pilek biasa atau selesma. Pada orang lanjut usia, influenza bisa menyebabkan komplikasi berat seperti pneumonia. Vaksinasi setiap tahun diberikan untuk melindungi diri kita dari flu, apalagi saat musim pancaroba yang membuat kita mudah sakit.

4. Saat kecil belum memperoleh vaksin yang lengkap

Salah satu alasan di balik kenapa orang dewasa perlu imunisasi ialah karena saat masih anak-anak tidak memperoleh vaksin yang lengkap. Jika Kamu belum pernah memperoleh vaksin campak, rubella, atau cacar air, segeralah konsultasikan pada dokter mengenai hal tersebut.

5. Petugas medis atau bekerja di bidang kesehatan

Vaksin memang perlu diberikan pada orang-orang yang bekerja di dunia kesehatan ataupun sebagai tenaga medis. Hal ini karena tenaga medis terpapar oleh berbagai macam infeksi yang potensial, darah, maupun cairan tubuh dari pasien.

Baca juga: 5 Imunisasi untuk Orang Dewasa yang Tidak Boleh Dilewatkan

6. Aktif secara seksual

Vaksin hepatitis B sangat dianjurkan bagi Kamu yang aktif secara seksual atau bahkan melakukan seks dengan pasangan yang berbeda. Seperti diketahui, hepatitis B dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak dengan darah, air mani, dan bahkan cairan vagina.

Baca Juga :  Penyakit yang Meningkatkan Risiko COVID-19

Virus yang bisa ditularkan melalui hubungan seksual lainnya adalah Human papilomavirus atau HPV. HPV adalah penyebab kanker serviks pada wanita dan kanker penis, anus, dan tenggorkan pada pria. Selain rajin skrining dengan papsmear, Kamu juga bisa mendapatkan baksin HPV saat dewasa, meskipun vaksin ini akan jauh lebih efektif jika diberikan di usia mulai 9 tahun.

7. Orang-orang dengan kondisi medis tertentu

Orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, menderita asma, diabetes, penyakit jantung, paru-paru, ataupun kondisi medis lainnya disarankan untuk mendapatkan vaksin. Selain itu, orang yang merokok juga perlu mendapatkan vaksin. Vaksin pneumokokus misalnya dapat membantu mencegah penyakit serius, seperti pneumonia, meningitis, ataupun infeksi darah yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae.

8. Adanya temuan vaksin baru

Seiring waktu, vaksin baru terus dikembangkan. Beberapa vaksin pun ditemukan dan direkomendasikan untuk orang dewasa. Nah, salah satunya ialah vaksin HPV. Vaksin yang satu ini diberikan untuk mencegah infeksi virus human papillomavirus yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit ataupun kutil pada organ kelamin, serta mencegah kanker.

Baca juga: Cegah 3 Penyakit Mematikan Ini dengan Imunisasi DPT!

Itulah ke delapan alasan di balik kenapa orang dewasa perlu imunisasi. Jadi, untuk Kamu yang imunisasinya belum lengkap, jangan lupa untuk segera mendapatkan vaksin ya Gengs!

Referensi

WebMD. 2010. 12 Reasons Why Adults Need Vaccines.

Centers for Disease Control and Prevention. 2019. Attention Adults: You Need Vaccines Too!

Comment