Disporapar Gelar Rapat Sinkronisasi Persiapan Seleksi Anggota Paskibra

KalbarOnline, Sekadau – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sekadau menggelar rapat sinkronisasi dalam rangka persiapan seleksi anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) Kabupaten Sekadau, Selasa (10/3/2020). Adapun para peserta seleksi terdiri dari para pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Sekadau.

Sekretaris Disporapar Kabupaten Sekadau, Kristianus Jipalis menegaskan bahwa proses seleksi calon anggota paskibra Kabupaten Sekadau ini dilakukan secara ketat, terbuka dan tidak ada titipan dalam bentuk apapun.

“Tidak ada yang namanya peserta titipan dalam seleksi calon paskibra Kabupaten Sekadau yang dinyatakan lulus nanti, harus benar-benar hasil dari seleksi,” tegasnya dalam rapat itu.

Baca Juga :  Dandim Sanggau bersama Kapolres Sekadau Pimpin Apel Gelar Pasukan PAM VVIP Kunjungan Presiden RI

Sementara Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disporapar Sekadau, Idin menyampaikan bahwa sampai proses seleksi telah memasuki tahap awal dan akan berlangsung hingga tiga tahap atau sampai pra-latihan.

“Istilahnya pra-latihan, nanti peserta seleksi diserahkan kepada tim pelatih,” kata Idin.

Tahap awal proses seleksi, ini jelas dia yakni penilaian postur tinggi badan dan anatomi, untuk putra minimal tinggi badan 170 sentimeter dan putri 162 sentimeter. Sementara, untuk berat badan akan menyesuaikan dengan tinggi badan. Adapun untuk anatomi akan dipilih bentuk kaki normal, karena apabila bentuk kaki O atau X bisa berpengaruh pada saat gerak jalan.

Baca Juga :  Polsek Nanga Taman Kedepankan Peran Bhabinkamtibmas Adaptasi Kebiasaan Baru

“Untuk tahap dua seleksi akan meliputi kesehatan, kegiatan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan kesamarataan gerakan. Adapun proses seleksi tahap tiga terdiri dari wawancara dan wawasan ideologi peserta. Kami mengupayakan proses seleksi selesai Februari namun jika tidak maka kemungkinan sampai awal Maret,” jelas Idin.

Turut hadir dalam rapat itu jajaran Disporapar Sekadau, para pelatih paskibra, anggota Polres Sekadau, anggota Koramil Sekadau, Ketua PPI Sekadau dan jajaran serta wartawan yang tergabung dalam IWO Sekadau. (Mus)

Comment