Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Ketapang Lantik 60 Panwascam

KalbarOnline, Ketapang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ketapang secara resmi melantik 60 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari 20 Kecamatan se-Kabupaten Ketapang yang dilangsungkan di Hotel Nevada Ketapang, Minggu (23/12/2019) siang.

Sebelumnya, mereka telah melalui serangkain tes untuk lolos menjadi anggota Panwascam yang akan bertugas memastikan dan mengawal jalannya Pilkada Ketapang tahun depan dengan jujur dan adil.

Ketua Bawaslu Ketapang, Nuriyanto menyebutkan, prosesi pelantikan terhadap Panwascam ini dilakukan setelah hampir sebulan proses seleksi dan perekrutan Panwascam dilaksanakan pihaknya.

Baca Juga :  Hadapi Ramadhan, Polsek dan Koramil Marau Cipta Kondisi

“Untuk di setiap kecamatan masing-masing ada tiga orang Panwascam. Jadi yang kita lantik hari ini ada 60 orang Panwascam untuk 20 kecamatan,” ujarnya.

Selain pelantikan, pada kegiatan tersebut Nuriyanto mengatakan, akan dilakukan juga Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Panwascam guna untuk penguatan kapasitas dan integritas.

“Setelah dilantik ini, kita juga akan memberikan Bimtek terhadap mereka,” ucapnya.

Sementara Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat  Ruhermansyah yang turut hadir pada pelantikan tersebut mengatakan, pelantikan Panwascam tersebut dilakukan secara serentak se-Indonesia.

“Serentak yang pertama tanggal 22 ini dan serentak yang ke dua tanggal 23 besok, di Kalbar sendiri yang melaksanakan pelantikan hari ini ada lima kabupaten,” ujarnya.

Baca Juga :  Bea Cukai Ketapang Musnahkah 581 Ribu Batang Rokok dan 230 Botol Miras Ilegal

Ruhermansyah berpesan pada seluruh Panwascam yang baru saja dilantik agar menjaga integritas, mentalitas dan soliditas serta tetap mengedepankan profesionalitas saat menjalankan tugas yang diemban.

“Jaga integritas, tetap pegang prinsip-prinsip penyelanggara pemilu, laksanakan tugas secara professional, kuatkan kapabilitas, jalin koordinasi dengan semua pihak,” tandasnya.

Kabupaten Ketapang bersama empat kabupaten lainnya yakni Sekadau, Melawi, Sambas dan Kabupaten Bengkayang menggelar pelantikan pada hari ini (22/12/2019), sementara dua kabupaten lainnya yakni Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu akan melaksanakannya pelantikan Panwascam pada besok, Senin (23/12/2019). (Adi LC)

Comment