Bupati Rupinus Hadiri Misa Syukur Pentahbisan Dua Diakon Pasionis di Sungai Ayak

Bupati : Proficiat untuk kedua diakon dan muncul diakon-diakon baru

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus ikut bersama umat katolik dalam perayaan syukur dua diakon pasionis di Gereja Katolik Santa Maria Berdukacita Paroki Santa Maria Diangkat ke Surga Sungai Ayak, Kabupaten Sekadau, Kamis (21/11/2019).

Kedua orang diakon pasionis yang ditahbiskan itu yakni diakon Damasku Damas, CP dan Diakon Antonius Bulau, CP. Hadir juga dalam perayaan syukur dua diakon pasionis itu Bupati Sekadau Periode 2005-2010 – 2010-2015, Simon Petrus, S.Sos., M.Si didampingi istrinya Scolastika Simon Petrus. Selain itu hadir juga Ketua GOW Kabupaten Sekadau, Kepala Dinas koperasi dan UKM, Camat Belitang Hilir, Kepala Bagian Humas yang dipimpin langsung oleh Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr. Giuliuo Mencuccini, CP dan didampingi puluhan pastor dari berbagai konggregasi/ordo. Para pastor, frater, bruder dan suster Pasionis juga ikut hadir dalam misa tahbisan Diakon Damas dan Diakon Anton tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Rupinus menyampaikan ucapan selamat kepada kedua Diakon pasionis yang ditahbiskan oleh yang mulia Uskup Keuskupan Sanggau.

“Saya atas nama pribadi, keluarga, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sekadau mengucapkan proficiat selamat kepada kedua Diakon yang baru saja ditahbiskan, kita berdoa bersama untuk mendoakan kedua Diakon ini agar sampai pada penerimaan Sakramen Imamat,” ujarnya.

Baca Juga :  Sambut Tahun Baru Imlek 2018, Ini Pesan Mama Sumini Untuk Warga Tionghoa Sekadau

Di kesempatan itu, Bupati Rupinus juga menyampaikan terima kasih kepada orang tua kedua diakon yang ditahbiskan.

“Terima kasih kepada orang tua kedua diakon, tidak mudah menitipkan putranya hidup membiara menjadi imam,” ucapnya.

Orang nomor wahid di Bumi Lawang Kuari ini meyakini, Tuhan akan selalu bersama kedua diakon ini dalam kerya kasih sebagai gembala umat, Tuhan tidak akan tidur pasti akan menyertai perjalanan kedua diakon ini sampai pada sakramen imamat. Rupinus pun berharap agar lebih banyak lagi muncul diakon diakon yang baru ditengah umat katolik, karena umat katolik semakin berkembang tetapi imam yang memberi pelayanan kepada umat masih kurang.

“Berharap banyak anak-anak muda, keluarga katolik yang mau menjadi imam,” pesan Bupati.

Sementara Uskup Sanggau Giuliuo Mencuccini, CP dalam sambutannya mengungkapkan kebahagiaannya apabila mendengar adanya pentahbisan. Uskup juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada orang tua kedua Diakon yang ditahbiskan.

“Saya mengucapkan terima kasih sekali lagi kepada orang tua yang telah rela memberikan anak mereka kepada Tuhan dan kepada para Pastor Pasionis yang telah mendidik mereka sampai pada hari ini sehingga bisa ditahbiskan menjadi Diakon. Menurut Uskup Jaman sekarang tidak mudah menjadi diakon, namun yakin dan percaya dengan kesabaran pasti ada kerahiman tuhan sehingga akan banyak keluarga katolik yang terpanggil menjadi imam, pastor, frater, suster dan bruder,” tukasnya.

Baca Juga :  Banjir Melanda Desa Nanga Mahap

“Kita harus sabar menanti kerahiman tuhan,” pesan Uskup.

Diakon yang baru saja dibaptis diharapkan selalu menjalankan tugas sebagai pewarta allah dan selalu bersikap rendah hati.

“Anda berdua teleh dipilih oleh tuhan, bukan karena pendidikan yang diperoleh melainkan karena kasih serta kepercayaan kepada kasih tuhan. Kalian harus dpat mengasihi kristus lebih dari yang lain. Jangan meninggalkan doa, hendaklah anda berdoa dalam kesunyian. Alkitab adalah dasar dari iman kita. Dan saya mohon kepada kita semua untuk sungguh-sungguh mendoakan dua diakon ini, agar mereka sungguh memberikan pelayanan kasih kepada umat. Sementara pastor provinsial Pasionis pastor Nikodemus Jimbun, CP kedua diakon ini harus Melayani tingkat dewa. Harapan konggregasi,mereka tidak hanya tabisan diakon tetapi sampai tahbisan imamat,” imbuhnya.

Untuk diketahui, diakon Damasku Damas, CP lahir di Mondi 18 Juli 1991. Anak ketujuh dari tujuh bersaudara buah kasih dari pasangan Bapak Petrus Tonsan dan Ibu Agata Mani. Moto panggilan ‘aku bersyukur kepada-Mu Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu engkau sembunyikan bagi orang bijak dan pandai, tetapi engkau nyatakan kepada orang kecil’ (Mat. 11: 25).

Sementara itu diakon Antonius Bulau, CP lahir di Beruduk 4 Maret 1990. Anak ke-8 dari 8 bersaudara, buah kasih dari pasangan Bapak Rafael Abel dan ibu Maria Jangek. Moto panggilan ‘(1 Samuel 16:7) janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah, manusia melihat yang didepan mata, tetapi tuhan melihat hati’. (Mus)

Comment