by

Buka Porseni Pelajar Kapuas Hulu, Ria Norsan Tekankan Nilai Sportivitas dan Silaturrahim

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan mengatakan, ajang Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) merupakan wahana pembentukan karakter siswa dan harus dipahami sebagai bagian dari proses pendidikan.

Menurutnya, apabila porseni hanya menjadi tujuan mencari gelar juara dan prestise namun mengabaikan nilai-nilai kejujuran yang seharusnya sejak dini ditanamkan pada diri siswa, maka ajang Porseni gagal menjadi wahana pembentukan watak dan kepribadian siswa.

“Lebih baik kalah karena menjunjung tinggi kejujuran dan patuh pada aturan dari pada menang tapi curang. Kalah karena jujur lebih terhormat dari pada menang tapi curang,” pesan Norsan dalam sambutannya saat membuka Porseni Kapuas Hulu, di GOR Uncak Kapuas, Senin (25/3/2019).

“Kemenangan sesungguhnya merupakan hadiah dari disiplin, keuletan, ketekunan, kerja keras, kesungguhan dan susah payah berlatih sekian lama, bahkan jatuh bangun dari kegagalan. Kemenangan adalah akhir dari proses yang panjang bukan diperoleh dengan cara instan maupun kecurangan,” jelasnya.

Mantan Bupati Mempawah ini turut mengingatkan bahwa yang utama dari Porseni adalah semangat silaturrahim dan kekeluargaan yang harus tetap terjaga antar sesama insan pendidikan, di samping saling menghormati, menghargai, solidaritas dan toleransi serta menerima dengan lapang dada hasil pertandingan.

“Kepada juri dan wasit jalankan tugas dengan sebaik-baiknya atau seadil-adilnya, berikan nilai yang aktual dan bisa dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

“Kami di Pemprov siap mendukung dan memberikan pelayanan terbaik untuk Kapuas Hulu dalam pembangunan infrastruktur. Terus belajar demi mencapai cita-cita setinggi mungkin. Dan kami berharap Kapuas Hulu bisa mendapatkan bibit-bibit terbaik untuk tingkat provinsi dan nasional,” pungkasnya.

Sementara Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir mengatakan, tujuan dari Porseni yaitu salah satunya adalah menjalin solidaritas, mengembangkan gaya hidup positif dan pekan olahraga. Tak hanya itu, digelarnya Porseni ini juga bertujuan untuk meningkatkan silaturrahmi antar sekolah yang ada di Kapuas Hulu.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari siswa SD, SMP dan MTs yang ada di Kapuas Hulu. Dengan jumlah peserta sebanyak 2.460 orang, mewakili seluruh 23 Kecamatan yang ada di Kapuas Hulu,” ujarnya.

Untuk cabang olahraga dan seni dilombakan, jelas Nasir yaitu cabang sepak bola, bola volly, renang, badminton, bulu tangkis dan cabang olahraga serta seni lainnya.

“Saya minta panitia dan para kontingen untuk selalu menjaga sportivitas dalam bertanding,” ucapnya.

Bupati juga mengingatkan kepada seluruh kepala sekolah, untuk membuat LPJ keuangan dalam menggunakan dana bos pada kegiatan Porseni ini.

“Saya yakin banyak sekolah menggunakan dana BOS dalam mengikuti kegiatan Porseni, tolong buat LPJ keuangan karena akan diperiksa oleh BPK,” tegasnya.

Turut hadir Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero serta sejumlah pejabat Pemkab Kapuas Hulu. (Haq)

Comment

News Feed