by

Anggaran Terbatas, Bupati Sis Minta ASN Kapuas Hulu Selektif Lakukan Perjalanan Dinas

Anggaran Terbatas, Bupati Sis Minta ASN Kapuas Hulu Selektif Lakukan Perjalanan Dinas

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meminta ASN di daerahnya itu untuk lebih selektif melakukan perjalanan dinas. Hal ini dikarenakan terbatasnya anggaran daerah atas penurunan jumlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kapuas Hulu tahun anggaran 2022.

“Anggaran kita terbatas, sehingga perlu lebih selektif dalam melaksanakan perjalan dinas, jika hal itu bisa dilakukan maka bisa mengurangi penggunaan anggaran di setiap perangkat daerah,” kata Bupati Sis seperti dilansir dari Antara, Senin.

Bupati Sis, APBD Kapuas Hulu Tahun 2022 sebesar Rp1,57 triliun mengalami penurunan akibat menurunnya dana transfer dari Pemerintah Pusat yaitu Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dana desa.

Menurut dia, pemerintah pusat hingga saat ini masih fokus terhadap penanganan pandemi COVID-19 yang berpengaruh terhadap DAK dan mengakibatkan hampir semua daerah di Indonesia mengalami penurunan jumlah APBD.

“Keuangan negara kita belum stabil akibat pandemi COVID-19, sehingga berdampak terhadap pengurangan penerimaan daerah yang berasal dari transfer ke daerah dan dana desa,” jelasnya.

Selain itu, Bupati juga menekankan agar semua perangkat daerah dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah keterbatasan anggaran dan pandemi COVID-19 yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk berkonsultasi dan berkoordinasi.

“Kegiatan seminar atau pelatihan juga dapat dilakukan dengan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini,” katanya menegaskan.

Tidak hanya itu, Bupati Sis juga menekankan agar masing-masing perangkat daerah dapat memanfaatkan keterbatasan anggaran dengan efektif dan efisien, sehingga hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.

“Meskipun anggaran kita terbatas, namun pelayanan kepada masyarakat dan roda pemerintahan harus tetap berjalan,” pesannya.

Comment

Terbaru