by

Bupati Nasir : Kapuas Hulu Integrasikan Strategi Pembangunan Dengan Pemerintah Provinsi

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, AM Nasir, SH secara resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kapuas Hulu tahun 2020 yang dilaksanakan di ruang paripurna DPRD Kapuas Hulu, Senin (25/3/2019).

Bupati Nasir mengatakan, setiap daerah wajib melaksanakan musrenbang secara berjenjang, untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Perencanaan pembangunan dalam musrenbang kabupaten ini, kata Bupati, merupakan tindaklanjut dari musrenbang desa dan Kecamatan.

“Musrenbang merupakan instrument penting guna menghasilkan RKPD yang tak lepas dari RPJMD Kapuas Hulu 2016-2021 dan RKPD Provinsi  Kalimantan Barat  dan RKP Pemerintah Pusat,” jelas Bupati.

Orang nomor wahid di Bumi Uncak Kapuas ini berujar musrenbang mempunyai arti yang sangat penting, sebab melalui forum ini, semua pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman visi misi dan program, sehingga tercapai kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kabupaten Kapuas  Hulu 2020.

Beberapa strategi dalam penyusunan RKPD di antaranya menerapkan prinsip efesiensi, efektifivas dan transparansi. Sebagaimana dipahami, tambah Nasir, RKPD tahun anggaran 2020 menjadi dasar untuk menyusun APBD di 2020.

“Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, penyusunan RKPD harus sesuai dengan rencana penganggaran 2020, dengan menggunakan sistem e-planning dan e-budgeting,” pintanya.

Bupati Kapuas Hulu dua periode ini berujar reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan paling fundamental. Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu terus berupaya dalam menerapkan tata kelola pemerintahan yang bersih, serta pelayanan publik yang maksimal.

“Kita juga menekankan pembangunan ekonomi kerakyatan yang berbasis potensi daerah, yang tidak hanya terjadi pada wilayah tertentu, namun harus sampai ke pelosok dan daerah perbatasan,” ucap Nasir.

Sehingga ke depan pembangunan ekonomi di Kapuas Hulu adil dan merata, memiliki pilihan dalam meningkatkan pendapatan dan taraf hidup yang layak.

Nasir juga menyampaikan bahwa layanan pendidikan dan kesehatan harus terus ditingkatkan, tak kalah penting yakni infrastruktur dasar yang menjadi akses penting bagi masyarakat.

“Kita harapkan strategi pembangunan Kapuas Hulu terintegrasi dengan provinsi dan pusat, maka kita perlu saran dan masukan agar penyusunan RKPD 2020 bisa mengakomodir kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir Wakil Gubernur Kalbar, Ria  Norsan, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero, SH, Ketua DPRD Kapuas Hulu, Rajuliansyah, S.Pd.i, Pejabat Sekretaris Daerah Kapuas Hulu, H. Sarbani, SE., MAP, forkopimda Kapuas Hulu, sejumlah anggota DPRD provinsi Kalbar, anggota DPRD Kapuas Hulu, sejumlah Kepala SKPD Provinsi Kalbar dan Kapuas Hulu, tokoh masyarakat, tokoh agama serta para tamu undangan lainnya.

Usai pelaksanaan musrenbang, Wagub Kalbar, Ria Norsan berkesempatan menyerahkan beasiswa pendidikan gratis kepada perwakilan siswa-siswi SMA/SMK di Kapuas Hulu. (Haq)

Comment

News Feed