Jepin Massal Semarakan Hari Jadi Pontianak ke-247

KalbarOnline, Pontianak – Ribuan orang menari Jepin massal usai upacara memperingati Hari Jadi (Harjad) Kota Pontianak ke-247 di halaman depan Kantor Wali Kota Pontianak, Selasa (23/10/2018).

Seluruh yang hadir pada upacara ulang tahun kota yang berdiri sejak 23 Oktober 1771 ini mengenakan pakaian khas Melayu yakni telok belanga bagi pria dan baju kurung bagi wanita.

Diiringi dengan lagu berjudul ‘Kote Pontianak’ dan dipimpin oleh para penari, seluruh peserta yang terdiri dari pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, pelajar, organisasi masyarakat dan masyarakat umum mengikuti gerak tari Jepin khas Pontianak itu.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji yang hadir pada kesempatan ini mengajak seluruh masyarakat Pontianak untuk terus melestarikan budaya dan bahasa Melayu Pontianak.

“Tetap bangge jadi orang Pontianak, tetap bangge gunekan bahase Pontianak karena bahasa Pontianak itu bahasa yang keren. Jangan lupakan bahasa itu,” katanya dengan logat Melayu Pontianak kental.

Baca Juga :  Sudah Dibangun Megah, PLBN Aruk Belum Dianggap Pintu Eskpor oleh Malaysia

Mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini meyakini Kota Pontianak akan menjadi kota yang terbaik kedepannya. Ia juga menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar akan terus bersinergi dengan Pemkot Pontianak.

“Saya ingin Pemkot Pontianak bukan sebagai lawan tetapi sparing untuk bersama-sama maju dalam layanan publik,” tegasnya.

Orang nomor satu di Bumi Tanjungpura ini juga berpesan kepada Plt Wali Kota Pontianak dapat meneruskan inovasi serta pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Pontianak.

“Kedepan, Pak Edi harus buat inovasi yang terbaik dalam pelayanan publik,” pesannya.

Sementara Plt Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan Kota Pontianak telah mengalami perkembangan pesat, baik dari sisi tata kelola pemerintahan maupun bidang lainnya. Semua itu, kata dia, tidak terlepas dari hasil kerja keras pemerintah dan dukungan masyarakat luas.

Baca Juga :  Ribuan Masyarakat Kalbar Antusias Hadiri Tabligh Akbar UAS di Mujahidin Pontianak

“Kita akan terus lakukan perbaikan-perbaikan demi kemajuan kota. Melalui momentum Hari Jadi Kota Pontianak ini, saya berharap masyarakat Pontianak lebih mengenal sejarah berdirinya Kota Pontianak,” tuturnya.

Peringatan Harjad Kota Pontianak ke-247 ini pula, berbagai kegiatan mengisi rangkaian ulang tahun kota berjuluk Khatulistiwa diantaranya Festival Kirab Budaya, Festival Arakan Pengantin, Festival Saprahan, Festival Kuliner dan berbagai kegiatan budaya serta lomba-lomba lainnya.

“Saya ucapkan selamat Hari Jadi Kota Pontianak ke-247. Terimakasih kepada pendiri Kota Pontianak Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie dan seluruh keluarga besar serta keturunannya,” imbuhnya.

Sultan IX Kesultanan Pontianak, Sultan Syarif Machmud Melvin Alkadrie turut mengapresiasi masyarakat dan instansi pemerintah yang rutin memperingati Harjad Kota Pontianak setiap tahunnya. “Momentum ini kita peringati untuk mengenang dan mengingat jasa pendiri Kota Pontianak,” pungkasnya. (jim)

Comment