Hujan Turun, Kabut Asap Berangsur Hilang

Hujan Turun, Kabut Asap Berangsur Hilang
Kabut asap pekat yang beberapa waktu lalu menyelimuti Kalbar berangsur menghilang setelah beberapa hari ini hujan mulai turun (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Satu pekan lalu Kalimantan Barat mengalami musim kemarau ditambah dengan kabut asap dalam kategori bahaya sehingga sekolah-sekolah khususnya di Kabupaten Kubu Raya terpaksa diliburkan. Namun keadaan itu tidak berlangsung lama dalam beberapa hari terkini sudah turun curah hujan dengan intensitas sedang dan lebat.

Sutikno, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Supadio, Pontianak Kubu Raya mengatakan kondisi cuaca dengan kilat atau guntur dan angin kencang berdurasi singkat pada pukul 18.10 wib di wilayah Kabupaten/Kota Pontianak.

“Untuk daerah Kubu Raya seperti Sungai Kakap, Sungai Raya, Rasau Jaya, Terentang, Kubu, Teluk Pakedai sedangkan Kabupaten Mempawah seperti Segedong, Sungai Pinyuh, Mempawah Timur,” ujar Sutikno, Rabu (29/8/2018).

Dikatakan dia kondisi hujan dengan intensitas sedang dan lebat diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 20.10 wib.

Sementara itu, salah satu warga Pontianak Timur, Anang Maulidin (45) sangat bersyukur dengan kondisi cuaca saat ini. Karena kabut asap berangsur hilang dikarenakan telah turun hujan.

“Alhamdulilah, kini sudah turun hujan walaupun waktunya tidak berangsur lama di daerah saya, namun sudah dapat mengurangi kabut asap yang sebelumnya tebal di waktu pagi dan sore hari. Mudah-mudahan ini adalah anugrah dari alam untuk mencegah ketidaknyaman akibat kabut asap yang terjadi selama ini,” jelas Anang, yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di kantor Bupati Kubu Raya ini. (ian)

Tinggalkan Komentar