Kabut Asap Melanda, Diskes KKR Akan Bagikan 40.000 Lembar Masker

KalbarOnline, Kubu Raya – Dalam rangka pencegahan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang disebabkan polusi udara karena kabut asap, Dinas Kesehatan Kubu Raya akan membagikan 870 kotak masker yang akan dibagikan kepada masyarakat khususnya Kabupaten Kubu Raya.

“Jadi totalnya sekitar 40.000 lembar masker yang akan disiapkan untuk masyarakat, tapi hal itu bersifat stimulan agar masyarakat tergerak untuk membeli secara mandiri di toko-toko terdekat,” ucap Berli Hamdani memaparkan, Selasa (21/8/2018) siang.

Baca: Kapolda Kalbar: Seluruh Instansi Menangani Kabut Asap

Baca: Pontianak Diselimuti Kabut, Sutarmidji Imbau Warga Kurangi Aktivitas Diluar Rumah

Baca: Asap Tebal Selimuti Pontianak, Midji Liburkan Siswa

Baca: Asap Tebal Selimuti Pontianak dan KKR, Disdikbud Kalbar Terbitkan Surat Edaran Libur

Berli Hamdani menjelaskan cara penggunaan masker yang benar pada musim kabut asap saat ini yakni masker yang akan digunakan menutupi hidung hingga dagu begitupula dengan kawat yang ada dimasker mesti terpasang dengan baik. Selanjutnya sisi masker terpasang dengan benar yakni bagian warna hijau masker didalam sedangkan sisi bagian warna putih diluar.

“Jadi, jangan sampai menggunakan masker tapi tidak mempunyai dampak yang melindungi,” ujar Berli Hamdani.

Dia juga menerangkan waktu beraktifitas yang sangat tinggi disaat kabut asap pada waktu sore hari serta pagi hari waktu-waktu yang disebutkannya, merupakan satu kesatuan partikel dimana terjadi kabut asap pada waktu saat ini.

“Bahwa salah satu mencegah serangan virus ISPA adalah penggunaan masker dan untuk waktu puncaknya disaat kabut asap itu menjadi tebal adalah pada waktu sore dan pagi hari. Perlu kita ketahui pada waktu-waktu tersebut asap menjadi tebal dan partikel-partikel debu didalamnya,” tandasnya. (ian)

Tinggalkan Komentar