Hadiri Rakornas IX TPID 2018, Bupati Rupinus: Pemkab Sekadau Terus Lakukan Berbagai Upaya Kendalikan Inflasi

Bupati Sekadau, Rupinus, Saat Menghadiri Rakornas IX Tim Pengendalian Inflasi Daerah 2018 (Foto: */Mus)
Bupati Sekadau, Rupinus, Saat Menghadiri Rakornas IX Tim Pengendalian Inflasi Daerah 2018 (Foto: */Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IX Tim Pengendalian Inflasi Tahun 2018 di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Kamis (26/7/18).

Rakornas yang diinisiasi oleh Bank Indonesia ini, dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rakornas juga dihadiri oleh Gubernur BI, Menteri Kabinet Kerja, serta Gubernur dan para Bupati, Wali Kota se-Indonesia. Rakornas kali ini mengusung tema Mempercepat Pembangunan Infrastruktur Untuk Mewujudkan Stabilitas Harga dan Pertumbuhan Ekonomi Yang Inklusip Serta Berkualiatas.

Dalam sambutanya Pesiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan selama empat tahun terakhir Indonesia mampu mempertahankan inflasi di bawah 4%. Hal itu dicapai berkat kerja keras seluruh pemangku kepentingan.

Untuk semua capaian tersebut, Jokowi menyampiakan apresiasi atas kinerja seluruh kepala daerah yang ikut berperan menjaga tingkat inflasi.

Menurut Jokowi, upaya-upaya pengendalian inflasi ini harus terus dilakukan. Khususnya koordinasi antara pemerintah pusat dengan daerah yang harus terus ditingkatkan karena ada dua hal yang menjadi kunci utama dalam mengelola perekonomian negara dan daerah, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi.

“Saya lihat koordinasi pusat dan daerah sudah semakin baik dan kalau ini bisa kita jaga dan tingkatkan maka stabilitas inflasi dan penurunan inflasi tahun tahun kedepan bisa tercapai,” tegasnya.

Sementara itu usai kegiatan Bupati Rupinus mengatakan bahwa kehadirannya pada Rakor tersebut sebagai bentuk koordinasi antara pusat dan daerah dalam upaya penanganan inflasi.

Terkait dengan tema kegiatan Rakornas IX TPID 2018 tersebut Rupinus mengatakan Pemerintah Kabupaten Sekadau saat ini terus berupaya meningkatan pembangunan infrastruktur terutama infrastruktur jalan.

“Dengan peningkatan infrastruktur yang baik maka pendistribusian bahan kebutuhan pokok dapat dengan mudah sampai ke daerah, tentunya dengan demikian maka inflasi yang disebabkan oleh perbedaan harga dapat terjaga,” ujarnya.

Rupinus juga mengatakan selain peningkatan infrastruktus jalan Pemerintah Kabupaten Sekadau juga fokus pada peningkatan sarana prasarana pertanian serta upaya mempermudah pengurusan ijin bagi investasi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sekadau.

“Semuanya ini kita lakukan agar pertumbuahan ekonomi dan pengendalian inflasi di Kabupaten Sekadau dapat tercapai,” ucapnya.

Rupinus juga menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat atas penerimaan penghargaan TPID terbaik 2018 tingkat Provinsi se-Kalimantan.

“Saya ucapkan selamat atas prestasi yang telah dicapai TPID Provinsi Kalimantan Barat semoga penghargaan tersebut membawa energi positif bagi Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat terutama di Kabupaten Sekadau,” pungkasnya. (Mus)

Tinggalkan Komentar