Bupati Rupinus dan Uskup Keuskupan Sanggau Natal Bersama Umat Paroki Santo Petrus Rasul Monumental Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus bersama Uskup Keuskupan Sanggau, Julius Giulio Mencuccini, CP dan sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau menghadiri natal bersama umat se-Paroki Santo Petrus Rasul Monumental di Stasi Tapang Perodah Desa Tapang Perodah, Kecamatan Sekadau Hulu, Sekadau, Sabtu (4/1/2020). Acara tersebut juga dihadiri oleh tokoh masyarakat dan seluruh umat di stasi-stasi paroki Santo Petrus Rasul Monumental.

Kedatangan Bupati dan rombongan disambut antusias oleh masyarakat. Bupati dan rombongan dipasangkan selempang sebagai tanda penyambutan dan diiringi dengan tarian adat suku Dayak Kerabat dan dilanjutkan dengan pemancungan buluh muda atau bambu muda yang dilakukan oleh Bupati, kemudian dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Uskup Keuskupan Sanggau.

Setelah penyambutan, acara dilanjutkan dengan Misa yang dipimpin langsung oleh Uskup Sanggau, Julius Giulio Mencuccini, CP dengan didampingi Pastor Paroki Santo Petrus Rasul Monumental, Pastor Agustinus Rian, Pr dan Ketua Dekanat Sekadau sekaligus Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau, Pastor Kristianus, CP, Pastor Kopong, Pr dan dihadiri ribuan umat se-Paroki Santo Petrus Rasul Monumental.

Baca Juga :  Pemkab Sekadau Hanya Setujui Satu dari Tiga Raperda Inisiatif DPRD

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, apresiasinya kepada panitia Natal bersama yang dalam kekurangannya menyiapkan segala sesuatunya dengan sangat luar biasa.

“Luar biasa penyambutannya, sekali lagi terima kasih kepada panitia di Tapang Perodah ini sehingga acara berlangsung dengan sangat luar biasa meriah,” ujarnya.

“Kita ramai di sini, berkumpul di sini merayakan suka cita Natal dan tahun baru. Kita adalah sahabat, praktek tema Natal tahun ini semua sudah kita lakukan,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Rupinus mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang sudah memperhatikan jalan.

“Terima kasih kepada perusahaan yang sudah memperhatikan jalan, tolong tetap dipelihara jangan ada lagi keluhan dari masyarakat kepada kami bahwa jalan becek dan sebagainya, kami tidak mau lagi,” tegasnya.

Sementara Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr. Julius Giulio Mencuccini, CP dalam sambutannya mengatakan, perayaan natal selalu memberikan kegembiraan bagi umat kristiani. Umat kristiani bergembira karena merayakan hari kelahiran sang juru selamat yang telah dinanti-nantikan oleh seluruh umat manusia di dunia. Kelahiran Yesus, lanjut Uskup, menggenapi nubuat para nabi dan memenuhi harapan umat manusia akan kedatangan sang emanuel yang akan menyelamatkan manusia dari segala dosanya.

Baca Juga :  5 orang Suster Pasionis Ucapkan Kaul Dihadapan Uskup

“Semoga perayaan natal dan tahun baru ini menumbuhkan rasa persaudaraan dan persahabatan sejati dalam diri kita untuk semakin peduli kepada semua orang,” pesannya.

Uskup asal Italia ini juga menjelaskan, mewartakan Kristus di zaman sekarang ini perlu disertai dengan perbuatan nyata, agar semua melihat perbuatan kita yang baik dan memuliakan Allah di Surga. Uskup mengingatkan ungkapan Santa Theresia tentang bagaimana merayakan natal.

“Setiap kali anda tersenyum kepada seseorang dan berbaik hati kepadanya, anda sudah merayakan natal, setiap kali anda memberikan pengharapan kepada seseorang yang putus asa, anda sudah merayakan natal dan setiap kali anda memberikan kesempatan, Tuhan lahir kembali untuk membahagiakan orang lain, anda sudah merayakan natal,” ujar Uskup.

Usai acara ramah tamah dilanjutkan dengan acara makan bersama. Selesai makan Bupati dan rombongan melanjutkan dengan mengunjungi stan-stan di masing-masing stasi yang ada di Paroki Santo Petrus Rasul dan sesekali berswa foto bersama masyarakat. (Mus)

Comment