Upaya Tingkatkan Hasil Produksi Pangan, Pemkab KKR Tambah Mesin Perontok Padi Petani Kerawang

Kepala Dinas Pertanian Kubu Raya, Gandhi Satyagraha, Saat Merontokan Padi Dengan Cara Manual (Foto: Ian/Hms)
Kepala Dinas Pertanian Kubu Raya, Gandhi Satyagraha, Saat Merontokan Padi Dengan Cara Manual (Foto: Ian/Hms)

KalbarOnline, Kubu Raya – Seiring dengan upaya peningkatan hasil produksi pangan Kubu Raya menuju swasembada pangan, Pemerintah terus mengupayakan perbaikan dan perlengkapan sarana dan prasarana penunjang.

Saat ini di Desa Sungai Kerawang, khususnya di Dusun Wonosari, Kecamatan Batu Ampar, sebagian petani masih merontokan padi dengan cara tradisional atau manual. Dimana untuk 4 kelompok tani di dusun tersebut hanya memiliki satu unit perontok padi mesin.

Kepala Dinas Pertanian Kubu Raya, Gandhi Satyagraha mengatakan situasi tersebut sangat jauh dari kebutuhan yang seharusnya. Dikatakan Gandhi, idealnya satu kelompok ada satu mesin perontok yang dapat dipakai secara bergantian. Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kubu Raya langsung mengambil inisiatif menyampaikan hal itu ke Bupati Kubu Raya.

“Kita lihat tadi disini hasilnya sangat baik. Dan kita perlu dukung dengan fasilitas penunjang. Kita hari ini menyaksikan bahwa sebagian dari mereka masih merontok dengan cara manual. Memang sangat dibutuhkan mesin perontok,” terang Gandhi, Senin (26/2) siang.

Bupati Kubu Raya, Rusman Ali melalui Dinas Pertanian Kubu Raya, langsung mengambil langkah untuk memudahkan kebutuhan petani tersebut. Dengan mengirimkan satu unit mesin perontok padi ke Dusun Wono Sari pada bulan ini juga.

“Alhamdulillah, Bupati Kubu Raya sangat merespon dengan cepat dan kita akan mengirimkan satu unit mesin perontok ke sana pada bulan ini juga. Kita berharap dapat bermanfaat langsung kepada kebutuhan masyarakat pada musim panen kali ini,” terang Gandhi.

Terpisah, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengatakan bahwa pihaknya selalu meminta instansi di Kubu Raya agar dalam menyusun kegiatan dan program, benar-benar yang dibutuhkan masyarakat dan memberi manfaat bagi masyarakat.

“Itu sebabnya saya selalu ingatkan agar kegiatan dan program yang disusun serta bantuan yang disalurkan tepat sasaran, tepat guna dan tepat waktu. Penerintah harus hadir disaat yang tepat dan disaat yang dibutuhkan masyarakat dalam memberikan solusi,” ucap Rusman Ali.

Dikatakan Bupati, bahwa pihaknya selalu memberikan perhatian terhadap kebutuhan petani dilapangan. Secara bertahap diharapkan nantinya akan mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan pertanian masyarakat Kubu Raya. (ian)

Tinggalkan Komentar