Bupati Kubu Raya, Rusman Ali Secara Simbolis Menyerahkan Sertifikat Proda Kepada Masyarakat di Aula Kantor Bupati Kubu Raya (Foto: Ian/Hms)
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali Secara Simbolis Menyerahkan Sertifikat Proda Kepada Masyarakat di Aula Kantor Bupati Kubu Raya (Foto: Ian/Hms)

Rusman Ali: Sertifikasi Agar Mempunyai Kepastian Hukum

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menyerahkan 90 persil sertifikat tanah program daerah (Proda) kepada warga di Desa Mekar Sari, Kecamatan Sui Raya. Penyerahan sertifikat dilakukan secara simbolis oleh Bupati Kubu Raya, Rusman Ali di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (11/7).

Menurut Bupati penertiban sertifikat tanah untuk masyarakat kurang mampu melalui proda dilakukan setiap tahun oleh Pemkab Kubu Raya, hal tersebut bertujuan membantu masyarakat agar tanah mereka mempunyai kepastian hukum.

“Karena jika hanya mempunyai SKT atau SPT tentunya tidak mempunyai kepastian hukum,” terang Bupati.

Penertiban sertifikat melalui proda, lanjut Rusman Ali memang difokuskan pada warga Mekar Sari karena warga di desa ini notabenenya merupakan warga relokasi dari Kabupaten Sambas tahun 2000 lalu.

“Saya minta kepada warga yang belum memiliki sertifikat untuk melakukan sertifikasi, sehingga kedepannya tidak terjadi permasalahan dengan tanahnya,” pinta Bupati.

Sementara itu Kepala Badan Pertanahan Nasioanal (BPN) Kubu Raya, Sigit Wahyudi menyambut baik Proda yang dilakukan Pemkab Kubu Raya. Karena menurutnya hal tersebut merupakan perwujudan dari Nawacita Presiden RI untuk mempercepat sertifikasi tanah.

“Kami juga akan segera memproses, asalkan semua berkas sudah lengkap dan tidak sengketa,” ucap Sigit.

Dirinya menerangkan penertiban sertifikat melalui Proda dapat diselesaikan dalam jangka waktu tiga bulan jika persyaratan sudah dipenuhi, dan tidak terjadi sengketa tanah, dengan diawali surat perjanjian kerja sama antara BPN dengan Pemkab Kubu Raya sebagai dasar penertiban sertifikat. (Ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY