UMKM Kubu Raya Raih Penghargaan Siddhakarya 2018

KalbarOnline, Kubu Raya – Usaha Mikro Kecil, Menengah (UMKM) Citra Rasa Mandiri asal Kabupaten Kubu Raya sukses memenangkan penghargaan Siddhakarya 2018 kategori usaha kecil menengah. Atas keberhasilan itu, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali selaku pembina perusahaan mendapatkan piagam apresiasi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Penyerahan piagam dilakukan langsung Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji pada momen Upacara Peringatan HUT ke-62 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Senin (28/1/2019).

“Piagam ucapan terima kasih dari Pemprov Kalbar ini adalah bentuk apresiasi atas peran aktif Bupati Kubu Raya dalam menyukseskan pembinaan dan pengembangan UMKM di wilayah Kabupaten Kubu Raya,” ujar Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus yang mewakili Bupati Rusman Ali menerima penghargaan tersebut.

Baca Juga :  Bentuk Apresiasi, Sujiwo Nonton Bareng Film Sukep The Movie Dengan ASN Kubu Raya

Hermanus menerangkan, penghargaan Siddhakarya merupakan penghargaan produktivitas yang diberikan kepada perusahaan atau usaha kecil menengah.

Penghargan tersebut lanjut dia, sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap pengelolaan perusahaan atau UKM yang secara simultan menunjukan peningkatan produksi usaha yang dilakukan. Baik dari sisi manajemen maupun penghasilan atau pendapatannya.

“Untuk kategori perusahaan kecil, hanya satu perusahaan dari Kabupaten Kubu Raya dan dua perusahaan lagi dari Kota Pontianak yang mendapatkannya,” ungkapnya.

Hermanus menyebut Siddhakarya sebagai penghargaan yang membanggakan. Hal itu karena banyaknya kriteria yang harus dipenuhi oleh perusahaan untuk bisa meraih penghargaan tersebut. Diantaranya harus ada aspek Kepemimpinan, perencanaan strategik, pengembangan kompetensi sumber daya manusia dan organisasi dan orientasi pelanggan dan perluasan pasar.

Baca Juga :  HUT Korpri ke-47, Rusman Ali Minta Jajaran PNS/ASN Kubu Raya Terus Inovasi

“Selain itu harus ada data, informasi dan analisa. Juga manajemen proses, hasil usaha dan produktivitas,” paparnya.

Pemilik usaha Citra Rasa Mandiri, Siti Rohmah mengatakan, pihaknya sejak beberapa waktu lalu telah menyasar konsumen hingga di luar daerah. Hal itu diantaranya disebabkan sertifikasi halal yang telah didapat dari LPPOM MUI Kalimantan Barat.

Menurut Siti, sertifikasi diperoleh melalui fasilitasi Kementerian Koperasi dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

“Konsumen lebih minat untuk membeli produk yang berlabel halal. Buktinya produk kami setelah memiliki label halal lebih laris terjual, memasarkannya pun lebih mudah karena sudah terjamin,” ujarnya. (ian)

Comment