Ilustrasi Pilkadaa (Foto: Ist)
Ilustrasi Pilkadaa (Foto: Ist)

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Memasuki tahun politik, Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi, SIK., MH menyatakan bahwa anggota Polri berkomitmen akan tetap netral pada pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“Kita akan menindak secara hukum, apabila anggota Polri khususnya wilayah Polres Kapuas Hulu yang tidak menjaga netralitas atau ikut berpolitik,” ujarnya seperti dilansir dari Tribun Pontianak.

Dalam hal ini, Kapolres menyatakan bahwa dirinya sudah menyampaikan seluruh anggota Polres, agar tetap netral dalam Pilkada nantinya.

“Sanksinya jelas, tegas, sesuai dengan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Selain itu, kata Kapolres, pihaknya sudah memerintahkan seluruh Kapolsek wilayah hukum Kapuas Hulu, juga harus melakukan antisipasi, kemungkinan akan terjadi yang tak diinginkan saat Pilkada.

“Rawan akan terjadi konflik juga adalah saat pemilihan kepala desa, dimana konflik antar pendukung. Jadi Pilkades jangan dianggap remeh,” terangnya.

Sebelumnya, Kasdam XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Sulaiman Agusto juga telah mengingatkan kepada seluruh prajurit TNI, untuk tetap menjaga netralitas saat Pilkada.

“Kalau terbukti anggota TNI berpolitik, akan ditindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku. Jadi jangan main-main,” ucapnya.

Kasdam juga meminta, para istri TNI wajib menggunakan hak pilihnya di Pilkada.

“Tapi ingat, suaminya jangan mengarahkan pilihan. Biarkan mereka menggunakan hak pilih, tanpa ada yang mengintervensi,” tegas Kasdam. (Haq)

Berita ini telah ditayangkan di Pontianak.tribunnews.com (TNI-Polri Komitmen Jaga Netralitas di Pilkada)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY