Kapolres Sekadau, AKBP Yury Nurhidayat dan Ilustrasi Anak Dibawah Umur Berkendara (Foto: MD Group)
Kapolres Sekadau, AKBP Yury Nurhidayat dan Ilustrasi Anak Dibawah Umur Berkendara (Foto: MD Group)

KalbarOnline, Sekadau – Kapolres Sekadau, AKBP Yury Nurhidayat, SIK mengimbau sekaligus merupakan warning bagi para orang tua untuk tidak mengizinkan anaknya yang belum cukup umur untuk mengendarai sepeda motor.

Pasalnya, kondisi tersebut rawan memicu kecelakaan yang bisa berujung kematian.

“Saya minta kepada para orang tua, jangan mengantarkan anaknya yang belum cukup umur menjemput maut dengan mengendari sepeda motor,” pesan Yury disela – sela silaturahmi dengan jemaah Masjid Miftahul Jannah di Jalan Sekadau – Sintang KM 6, persis di simpang Jalan Pangkin, Desa Munggu usai pelaksaan sholat Jumat, (10/3) kemarin.

Yury mengaku harus mengurut dada melihat fenomena di Sekadau, dimana banyak anak-anak yang masih berusia SD atau SMP mengendarai sepeda motor terutama saat pergi ke sekolah. Fenomena ini terjadi, terutama di daerah – daerah pedalaman.

Yang lebih memprihatinkan lagi, ada kebanggan dalam anak-anak tersebut saat ditanyai apakah sudah bisa mengendarai sepeda motor atau belum.

Sementara para orang tua sering berdalih mengizinkan anaknya mengendarai sepeda motor sebab tidak bisa mengantar ke sekolah karena ada kesibukan lain.

“Ini sangat berbahaya. Karena itu, sekali lagi saya berharap tidak diizinkan anak-anak kita yang tidak cukup umur membawa sepeda motor,” tukas Yury.

Padahal aturan yang tercantum dalam Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sudah jelas. Pengendara motor atau mobil harus berusia minimal 17 tahun.

Pada Pasal 281 juga disebutkan ‘Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah)’.

Karena itulah, mari kita ajarkan anak – anak kita keamanan berkendara dengan tidak mengendarai kendaraan bermotor sampai umurnya sesuai. (B/Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY