Suasana Pembukaan Kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalbar di Desa Nanga Kiungkang, Kabupaten Sekadau (Foto: Mus/Ist)
Suasana Pembukaan Kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalbar di Desa Nanga Kiungkang, Kabupaten Sekadau (Foto: Mus/Ist)

KalbarOnline, Sekadau – Desa Nanga Kiungkang Kecamatan Nanga Taman mewakili Kabupaten Sekadau dalam ajang lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Pada hari Selasa (18/04/2017) dilakukan penilaian lomba di desa tersebut.

Acara penilaian lomba desa ini dibuka oleh Bupati Sekadau, Rupinus SH., M.Si yang diwakili oleh Pjs Sekda Sekadau, Adrianto Gondokusumo. Dalam sambutannya, Adrianto mengatakan juara bukanlah tujuan utama, namun keberlanjutan sebagai program Pemdes  sehingga dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

“Kedepan, instrumen-instrumen dan pemantau perlombaan desa di berbagai bidang perlu berbenah untuk selalu siap akan persaingan,” pintanya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Pemdes) Provinsi Kalimantan Barat, melalui Kepala Bidang Administrasi Pemberdayan Desa, Syarif Ardiman mengatakan, lomba desa salah satu indikator untuk mengukur tingkat keberhasilan kepala desa dan jajarannya dalam membangun desa.

“Tentu penilaian disini mencakup berbagai bidang seperti kesehatan, administrasi desa, pengelolaan lingkungan desa dan lainnya,” tutur Syarif.

Syarif menerangkan saat ini pihaknya telah menyeleksi 7 desa dari 14 kabupaten di Kalbar dan 3 kelurahan ditingkat Kabupaten/Kota. Kandidat desa akan diseleksi lagi untuk menentukan juara 1,2 dan 3 tingkat provinsi Kalbar 2017 dan akan menerima piagam dari Gubernur Kalbar.

“Pemenang nomor 1 akan diundang ke istana dan menerima penghargaan serta mengikuti temu karya nasional,” pungkasnya. (Mus/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY