Bupati Sekadau, Rupinus dan Wakil Bupati Sekadau Aloysius Didampingi Masing-masing Istri Foto Bersama Jajaran dan Masyarakat Setempat Dalam Peringatan BBGRM ke XIV dan HKG PKK Sekadau (Foto: Mus)
Bupati Sekadau, Rupinus dan Wakil Bupati Sekadau Aloysius Didampingi Masing-masing Istri Foto Bersama Jajaran dan Masyarakat Setempat Dalam Peringatan BBGRM ke XIV dan HKG PKK Sekadau (Foto: Mus)

Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK

KalbarOnline, Sekadau – Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Kabupaten Sekadau dilaksanakan di Desa Sungai Lawak, Kecamatan Nanga Taman, Kamis (4/5).

Kegiatan tersebut menjadi momentum agar masyarakat selalu meningkatkan budaya gotong royong ditengah era modern seperti sekarang ini. Demikian diungkapkan Bupati Sekadau, Rupinus.

Ia berharap, kegiatan tersebut menjadi momentum bagi masyarakat dalam meningkatkan gotong royong. Tak hanya masyarakat, ia juga meminta pemerintah desa dan kecamatan untuk selalu meningkatkan gotong royong.

Ayah tiga anak itu mengatakan, gotong royong bagi masyarakat Sekadau terutama di daerah kampung sejak dahulu sudah ada dan kuat. Namun, kata Rupinus, seiring dengan perkembangan zaman seperti saat ini, kini gotong royong sudah mulai pudar.

“Jangan sedikit-sedikit uang. Diajak kerja bakti, jalan sedikit tidak mau, harus minta bayar dulu,” kata Bupati.

Sehingga, kata dia, hal itulah yang membuat kebersamaan dan gotong royong mulai tidak ada lagi. Untuk itu, momentum tersebut menjadi ajang agar selalu meningkatkan gotong royong yang sudah ada sejak lama.

“Semangat gotong royong jangan habis ditelan zaman. Sebab gotong royong itu adalah budaya yang harus dipertahankan,” pintanya.

Sementara Camat Nanga Taman, Paulus Ugang mengapresiasi terlenggaranya kegiatan tersebut. Dikatakan dia, ada banyak hal yang sudah dilakukan, namun masih ada juga yang belum dilaksanakan.

“Kurang lebih ada 20 kegiatan yang telah direkomendasikan Bupati kepada Kepala Dinas terkait pada Kecamatan Nanga Taman,” ungkapnya.

Paulus Ugang yang merupakan mantan Kabag Humas Pemkab Sekadau itu mengimbau kepada Kepala Desa yang ada di Kecamatan Nanga Taman untuk selalu meningkatkan budaya gotong royong di desanya masing-masing. Selain itu, pihaknya juga mendorong agar setiap dusun membuat kebun PKK di wilayah masing-masing.

“Kami berharap kepala dusun, RT, RW agar mengadakan gotong royong seperti membersihkan tempat umum, jalan dan lain sebagainya,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Miki Hermanto menuturkan, bulan bhakti gotong royong dilaksanakan di setiap desa. Dikatakan dia, hal itu bertujuan untuk melestarikan gotong royong di masyarakat yang mulai pudar.

“Ini juga untuk meningkatkan rasa kebersamaan antar masyarakat demi kemajuan desanya masing-masing,” ujarnya singkat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Kristina Rupinus, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, jajaran OPD dan Forkopimka Nanga Taman. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY