Berikan Pendidikan Politik, KPU Sekadau Sosialisasikan Pemilu Kepada Pemilih Pemula (Foto: Mus)
Berikan Pendidikan Politik, KPU Sekadau Sosialisasikan Pemilu Kepada Pemilih Pemula (Foto: Mus)

Salah satu upaya tingkatkan partisipasi pemilih dan berikan pendidikan politik kepada masyarakat

KalbarOnline, Sekadau – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau menggelar sosialisasi pemilu berbasis pemilih pemula, di aula Hotel Multi, Jalan Merdeka Timur, Kabupaten Sekadau, Sabtu (12/5). Kegiatan ini melibatkan puluhan pelajar tingkat SLTA dari berbagai sekolah di Sekadau.

Komisioner KPU Sekadau, Marcelinus Daniar mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih sekaligus memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Khususnya pemilih pemula, seperti adik-adik kita pelajar yang sudah memiliki hak pilih. Dimana untuk di Kabupaten Sekadau, ada kecenderungan turunnya partisipasi pemilih. Karena pola sosialisasi yang baku bahkan minim, untuk itu sosialisasi ini dibuat sebagai inovasi-inovasi tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Marcel.

Beberapa materi yang disampaikan diantaranya tentang tahapan-tahapan pemilu, pengenalan pemilu, tata cara menggunakan hak pilih, dan masih banyak lagi.

“Harapan kita, semua yang memiliki hak pilih dapat menggunakan hak nya, sehingga tingkat partisipasi pemilih meningkat,” tutur Marcel.

Sementara, Nur Ikhwani yang juga merupakan Komisioner KPU, menuturkan bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan sosialisasi kurang efektif. Pada kesempatan ini, pihaknya mendorong pemuda untuk berpartisipasi.

“Pendidikan politik adalah salah satu instrumen penting, untuk mengukur kualitas pemilu. Kualitas pemilu setidaknya bisa diukur melalui 3 hal yaitu, penyelenggara yang berintegritas, calon yang berkualitas, dan pemilih yang cerdas. Jadi sosialisasi ini dilakukan merupakan dalam rangka memberikan pendidikan politik kepada pemilih pemula,” tukasnya.

Adapun tujuan sosialisasi pemilih pemula bertujuan agar pemilih pemula cerdas dalam menggunakan hak pilihnya, agar tidak salah pilih dan calon yang dipilih bisa memperjuangkan kepentingan dan harapan anak-anak muda nantinya.

“Kurangnya kesadaran, informasi serta pemahaman masyarakat khususnya para pemilih pemula terkait tentang pemilu dapat mengakibatkan menurunnya partisipasi pemilih di Kabupaten Sekadau,” imbuhnya.

Anggota KPU Sekadau lainnya, Tohidin, mempersilahkan para pelajar untuk menggunakan hak pilihnya dan memilih calon yang dianggap paling cocok sesuai pilihan hati masing-masing.

“Silahkan pilih mana yang paling pas menurut adik-adik. Tapi jangan memaksakan pilihan anda kepada orang lain,” pesan Tohidin. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY