Windy Launching Gerakan Orang Tua Asuh di Puskesmas Gang Sehat bersama BPSDM dan Jamkrida Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Usai melaksanakan launching Program Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) Kalimantan Barat di Aula Dinas DPP ESDM Provinsi Kalbar yang berlokasi di Jalan Sutoyo, Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari kembali bergerak untuk melanjutkan giat serupa di Puskesmas Gang Sehat di Jalan Tani Makmur Pontianak, Senin (13/5/2024). Kegiatan ini diinisiasi oleh BPSDM Provinsi Kalbar dan Jamkrida Kalbar.

Kegiatan yang merupakan inovasi dari TP PKK Provinsi Kalbar berkolaborasi dengan stakeholder lainnya ini merupakan langkah mulia dalam mengentaskan stunting yang masih menghantui anak-anak baduta di Kalimantan Barat.

“Tadi pagi kita sudah melaksanakan launching Gerakan Orang Tua Asuh di Kantor DPP ESDM Kalbar, saat ini kita juga akan me-launching kegiatan bersama instansi lainnya di Puskesmas Gang Sehat kebanggaan kita ini. Semoga niatan mulia ini dapat bermanfaat bagi mereka yang memerlukan perhatian khusus dari kita semua,” ucap Windy.

Baca Juga :  Festival Musik Terbesar "Bless This Fest" Digelar Akhir Pekan Ini di Hotel Mahkota Pontianak

Ia pun berharap, pendekatan seperti ini benar-benar dapat menekan angka stunting di Kalbar secara masif.

“Semoga angka stunting di Kalbar dapat ditekan sedemikian rupa, sehingga anak-anak kita tumbuh dan berkembang dengan sehat dan cerdas menjadi calon-calon pemimpin di Kalbar. Oleh karenanya anak-anak kita jangan sampai stunting. Sehingga nantinya anak-anak kita dapat menatap Indonesia Emas dengan persiapan yang sangat matang,” terangnya.

Windy juga menyebutkan, langkah yang diambil dari kegiatan ini adalah lebih menekankan pada pendampingan melekat terhadap anak yang masuk kategori stunting.

“3 bulan ke depan akan kita dampingi bersama tim kesehatan setempat san kader-kader posyandu. Ini dimonitor terus. kita berikan nutrisi tambahan yang mengandung karbohidrat, protein hewani dan lemak,” katanya.

“Untuk sayur dan buah boleh, namun dengan jumlah yang secukupnya juga tidak berlebihan, agar mudah dicerna. Ingat juga, ASI juga harus tetap diberikan khususnya ASI eksklusif. Tak lupa yang terpenting adalah komitmen kita bersama ibu-ibu ya, untuk terus memonitor perkembangan dan pertumbuhan anaknya agar keluar dari stunting,” imbuhnya.

Baca Juga :  Sutarmidji Akan Lantik Lima Pasang Kepala Daerah Terpilih di Kantor Gubernur Besok

Ia juga mengharapkan, kegiatan ini dapat dilanjutkan kedepannya walaupun setelah 3 bulan ke depan. Windy juga berharap, setelah 3 bulan ke depan semua anak-anak yang didampingi ini bisa keluar dari sunting.

“Saya juga menitipkan pesan kepada para diklat pengawas untuk melakukan studi banding ke Lombok, yang mana mereka saat ini sudah berada di zona hijau. Semoga angka stunting kita terus menurun. Kalbar 2023 kemarin turun 7,2 persen, berada di angka 20,8 persen. Semoga kita bisa mencapai angka 14 persen seperti yang ditargetkan Pemerintah Pusat,” ujarnya.

“Oleh karenanya, perlu kolaborasi yang baik dari semua. Semoga apa yang dilaksanakan menjadi amal jariyah kita,” tutup Windy. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment