Sutarmidji Akan Lantik Lima Pasang Kepala Daerah Terpilih di Kantor Gubernur Besok

Sutarmidji Akan Lantik Lima Pasang Kepala Daerah Terpilih di Kantor Gubernur Besok

Protokol kesehatan super ketat

KalbarOnline, Pontianak – Lima pasang kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 di Kalimantan Barat, akan dilantik dan diambil sumpah/janji jabatannya oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji secara langsung di Kantor Gubernur Kalbar, Jumat (26/2/2021) besok.

Lima daerah yang kepala daerahnya akan dilantik adalah Kabupaten Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, Ketapang dan Bengkayang. Mereka baik Bupati maupun Wakil Bupati terpilih ini sudah mengikuti gladi bersih pelantikan di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (25/2/2021) siang tadi.

Kepastian pelantikan ini berdasarkan Surat Kemendagri Nomor 131/966/OTDA tentang Pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota tertanggal 15 Februari 2021. Di mana, berdasarkan koordinasi dengan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri RI, Akmal Malik, pelantikan kepala daerah terpilih akan digelar secara langsung atau tatap muka dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga :  Aksi Peragaan dan Atraksi Beladiri Bintara Remaja Polda Kalbar Lulusan SPN Pontianak

“Kita akan (melantik secara) tatap muka, sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat yang membolehkan dua opsi yaitu video conference dan tatap muka. Ini juga suatu momen yang sakral bagi para Bupati terpilih, sehingga kita memutuskan pelantikan secara langsung dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kalbar, Sri Jumiadatin.

Para Bupati dan Wakil Bupati terpilih juga wajib menjalani pemeriksaan swab PCR sehari sebelum pelantikan. Tak hanya mereka, para petugas yang terlibat dalam acara pelantikan juga akan menjalani pemeriksaan rapid test antigen. Pihak keluarga dan masyarakat umum pun dapat menyaksikan acara pelantikan melalui video siaran langsung (streaming video) yang sudah disiapkan Pemerintah Provinsi Kalbar dalam hal ini Diskominfo Kalbar dengan alamat YouTube http://kalbar.link/ytpelantikanbupati dan alamat Facebook http://kalbar.link/fbpelantikanbupati.

“Berdasarkan aturan dari Menteri Dalam Negeri, para Bupati terpilih sebelumnya akan menjalankan tes swab Covid-19 sebelum dilantik oleh Gubernur Kalbar,” kata mantan Pjs Bupati Sekadau ini.

Baca Juga :  Sutarmidji Tekankan Tetapkan Target Harus Realistis

Pelantikan terhadap kelima pasang kepala daerah terpilih ini memang dilakukan secara terbatas. Para Bupati dan Wakil Bupati pun hanya diperkenankan membawa istri dan anaknya. Tidak sembarangan boleh masuk. Wartawan yang ingin meliput saja, juga tidak semuanya diizinkan masuk. Ini dilakukan demi protokol kesehatan agar tidak terjadi kerumunan.

Sebagai informasi, kelima pasang kepala daerah yang akan dilantik itu di antaranya Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang terpilih, Sebastianus Darwis dan Syamsul Rizal. Kemudian Bupati dan Wakil Bupati Ketapang terpilih, Martin Rantan dan Farhan. Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu terpilih, Fransiskus Diaan dan Wahyudi  Hidayat.

Kemudian Bupati Sintang dan Wakil Bupati Sintang terpilih, Jarot Winarno dan Sudiyanto serta Bupati dan Wakil Bupati Melawi terpilih, Dadi Sunarya Usfa Yusra dan Kluisen.

Comment