Sambut Ramadhan, Rutan Kelas IIA Pontianak Gelar Tradisi Munggahan

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H/2024, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pontianak menggelar tradisi munggahan, pada Kamis (07/03/2024).

Tradisi munggahan sendiri umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat hendak memasuki Ramadhan. Tradisi ini berasal dari suku Sunda, Jawa Barat, dan biasanya dilakukan pada akhir bulan Sya’ban atau sekitar 1 minggu sebelum bulan Ramadhan.

Munggahan yang dilakukan oleh Rutan Kelas IIA Pontianak tersebut diisi dengan kegiatan rohani dan ceramah keagamaan. Kegiatan itu dihadiri oleh para petugas, dharma wanita, serta warga binaan.

Kepala Rutan Kelas IIA Pontianak, Raja Muhammad Ismael Novadiansyah menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta mempererat tali silaturahmi antara seluruh komponen Rutan Pontianak.

Baca Juga :  Safari Ramadhan ke Masjid Al-Anshor Desa Pala Pulau, Wakil Bupati Kapuas Hulu Serahkan Bantuan ke Masyarakat

“Bagi umat Islam, bulan suci Ramadhan adalah kesempatan menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, menjaga dan memelihara ibadah puasa dengan sebaik-baiknya dari segala perilaku yang membatalkan ibadah puasa atau mengurangi pahala dari ibadah puasa,” katanya.

Raja mengingatkan, bahwa beribadah pada bulan Ramadhan pun sangat berbeda dengan ibadah lain. Karena dalam bulan yang mulia ini, segala amal ibadah akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Selain itu, bulan ini juga merupakan kesempatan untuk mempererat hubungan antar sesama.

Baca Juga :  Alhamdulillah! Menang Undian Kampong Ramadhan Kreatif 2023, Rendy dan Solihin Berangkat Umroh

“Sebagai umat beragama, (harus) saling menghormati dan menghargai pada setiap momen peribadatan sesuai ajaran agama adalah sikap baik dalam kehidupan beragama,” pesannya.

Ustadz Fitra Aulia Rahman yang hadir sebagai penceramah, memberikan tausiyah seputar keutamaan berbuat amal kebajikan di bulan Ramadhan, lantara  pada bulan ini pula pintu pahala dan taubat terbuka lebar.

Kegiatan munggahan ini juga diisi dengan doa bersama untuk memohon keberkahan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment