Saksikan Penyerahan Premium RSPO, Wabup Ketapang Harapkan Petani Lain Termotivasi

KalbarOnline, Ketapang – Sebanyak hampir Rp 1 miliar lebih Premium Roundtable Sustainability Palm Oil (RSPO) diberikan perusahaan perkebunan Cargill kepada Pekebun Plasma Mitra Cargil yaitu 8 koperasi di lingkungan perusahaannya, Kamis (28/12/2023).

Adapun 8 koperasi yang menerima Premium RSPO adalah Koperasi Subali Raja Sejahtera, Berkah Manunggal Sejahtera, Titipan Makmur, Rimba Kecubung Indah, Bukit Selendang Jaya, Bumi Asih, Mitra Sejahtera dan Karya Jaya.

Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, Farhan, mengatakan, melalui kemitraan antara petani Plasma Pir Trans, PT Poliplant Sejahtera dan Cargill Tropical Oil dapat memberikan peluang kepada petani lokal untuk terlibat dalam industri kelapa sawit secara lebih berkesinambungan.

“Prestasi ini adalah bukti nyata bahwa kerja keras, inovasi dan komitmen terhadap keberlanjutan dapat menghasilkan hasil yang memuaskan. Saya berharap pencapaian ini dapat menjadi inspirasi bagi petani lainnya untuk mengadopsi praktik-praktik berkelanjutan dalam usaha mereka,” ucapnya usai menyaksikan penyerahan premi RSPO.

Baca Juga :  Wakil Bupati Ketapang Kukuhkan Kepengurusan LPTQ Tingkat Kabupaten 2023 - 2028

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang akan terus mendukung upaya-upaya keberlanjutan dalam sektor perkebunan kelapa sawit. Pemkab akan terus mendorong dan menyediakan bantuan yang diperlukan bagi petani Plasma Pir Trans agar dapat mengembangkan usaha mereka secara berkelanjutan.

“Saya mengucapkan selamat kepada petani Plasma Pir Trans yang telah memenuhi kriteria dan berhasil meraih premium RSPO, saya juga ingin mengapresiasi PT Poliplant Sejahtera dan Cargill Tropical Oil atas upaya mereka dalam mendukung petani Plasma Pir Trans dalam mencapai keberlanjutan,” ujarnya.

Baca Juga :  Puluhan Warga Geruduk Kantor Camat dan Mapolsek Kendawangan

Wabup Farhan menjelaskan, sangat memungkinkan petani swadaya untuk mendapatkan RSPO dari perusahaan perkebunan, namun dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi.

“Premium RSPO itu tidak hanya kepada mitra yang terkait dengan adanya koperasi, tetapi yang masyarakat dengan swadaya dalam lingkup perusahaan itu bisa dapat sepanjang syarat administrasi terpenuhi, syarat pengelolaan lingkungan, kebun dan syarat-syarat lainnya terpenuhi,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan penyerahan ini Deputy General Manager PT Cargill, Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Ketapang, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM), Perdagangan dan Perindustrian Ketapang dan Koperasi yang menerima Premium RSPO. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment