Kunker di Tiga Kabupaten, Windy Ajak Jadi Orang Tua Pendamping untuk Anak Stunting di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari terus menggencarkan upaya penurunan prevalensi stunting di provinsi ini. Salah satunya dengan mengajak para pihak untuk menjadi orang tua pendamping bagi anak stunting.

Pentingnya menjadi orang tua pendamping anak stunting ini pun turut dikampanyekan Windy saat turun ke sejumlah posyandu di tiga kabupaten wilayah timur Kalbar, yakni Sekadau, Sanggau dan Landak, pada 18 – 19 Desember 2023.

Selama kunker beberapa hari tersebut, Windy juga mendorong adanya peran aktif stakeholder untuk menyiapkan data by name by address mengenai jumlah anak stunting di wilayah masing-masing.

Baca Juga :  Sakit Saat Kencing atau Disuria, Apa Penyebab dan Pengobatannya?

“Sehingga kita lebih mudah untuk melakukan intervensi dalam penanganannya, serta melakukan pendampingan untuk anak stunting,” ujarnya.

Dengan adanya pendampingan terhadap anak stunting tersebut, para pihak mempunyai peran untuk memastikan adanya asupan gizi di setiap mangkok anak-anak tersebut selama 3 bulan ke depan, serta dapat memonitor perkembangan tiap anak.

“Setelah di monitor tiap bulannya, juga harus dilaporkan untuk setiap perkembangan anak stunting ini,” katanya.

Dalam hal pencegahan stunting, Windy juga berharap agar semua pihak, terutama puskesmas, dapat terus memberikan edukasi gizi kepada para ibu dan melakukan demo masak menu MPASI.

Baca Juga :  Terus Didesak Soal Hibah Masjid Hijrah As-Subhan, Sutarmidji Akhirnya Berikan Jalan Tengah

Windy juga menekankan upaya penurunan angka stunting yang harus dilakukan secara terstruktur, sistematis dan masif. Masalah stunting menurutnya bukan hanya menjadi tugas dinas kesehatan, dinas pemberdayaan masyarakat atau TP PKK, tapi juga semua pihak.

“Diperlukan peran semua pihak untuk bersama secara keroyokan melakukan berbagai gerakan mendorong upaya penurunan dan pencegahan stunting yang ada di Provinsi Kalbar,” katanya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment