Wabup Ketapang Buka KPD Pembina Pramuka Tingkat Dasar Kwartir Daerah Kalbar

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, Farhan membuka Kursus Pelatihan Dasar (KPD) Pembina Pramuka Tingkat Dasar Kwartir Daerah Kalimantan Barat di Hotel Onyx Ketapang, Senin (18/12/2023).

“Kegiatan ini tidak hanya sekadar kursus pelatihan tetapi merupakan investasi nyata untuk menciptakan pemimpin masa depan yang memiliki jiwa kepemimpinan, tanggung jawab dan kreatifitas,” ujar Farhan.

Dirinya menjelaskan, KPD Pramuka ini dirancang untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang akan menjadi pondasi kuat bagi peserta sebagai pelatih pramuka di masa depan.

“Kehadiran kakak-kakak disini tidak hanya sebagai peserta kursus tetapi juga sebagai agen perubahan yang akan menyebarkan nilai-nilai positif tersebut ke seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :  Rembuk Stunting, Plt Bupati Ketapang Beri Penghargan ke Puskesmas Sungai Melayu Rayak

Farhan mengajak kepada seluruh peserta untuk meresapi materi yang diberikan, bertanya dan berdiskusi agar proses pembelajaran berlangsung secara efektif.

“Kakak-kakak sekalian harapan dan masa depan kemajuan pramuka di Kabupaten Ketapang, saya sangat berharap kursus ini dapat membuka wawasan peserta, mengasah keterampilan, kepemimpinan dan memperkuat gotong royong,” ujarnya.

Selanjutnya, pramuka di Kabupaten Ketapang diharapkan harus dapat menjadi penggerak yang mampu menginspirasi generasi muda untuk berprestasi dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara, termasuk SDM Ketapang yang berwawasan global dan berdaya saing.

Baca Juga :  Bus Damri Jurusan Pontianak - Ketapang Resmi Beroperasi

“Penting untuk diingat bahwa pramuka bukan hanya kegiatan ekstrakurikuler, tetapi sebuah gerakan yang memiliki misi besar untuk membentuk karakter anak-anak muda kita. Mari kita jaga dan lestarikan semangat pramuka,” tutup Farhan.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Darma Bakti dan Pancawarsa V kepada Wakil Bupati Ketapang, Farhan yang juga sebagai Waka Mabicab Ketapang.

Lencana Darma Bakti juga diberikan kepada Junaidi sebagai Ketua Kwarcab Ketapang dan Sopian sebagai Andalan Cabang Kwarcab Ketapang. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment