PLTD Sukaharja Kebakaran, PLN Ketapang Minta Maaf

KalbarOnlline, Ketapang – Ruang mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) milik PLN di Kelurahan Sukaharja, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang terbakar, pada Senin (27/11/2023) malam.

Kejadian ini pun sontak membuat warga kaget dan panik. Satu diantara warga di sekitar PLTD Sukaharja, Weli (30 tahun) mengatakan, kalau kepulan asap tebal mulai terlihat pada salah satu bangunan di PLTD Sukaharja sekitar pukul 19.15 WIB.

“Saat itu sedang terjadi hujan deras, kaget juga tiba-listrik mati. Saat keluar rumah ternyata ada kumpulan asap kebakaran di bangunan yang ada mesin di PLTD,” ujarnya kepada wartawan, Senin (27/11/2023) malam.

Weli menyebut, tak berselang lama kemudian, mobil pemadam kebakaran telihat datang ke lokasi kawasan PLTD Sukaharja untuk memadamkan kobaran api.

“Setelah beberapa mobil pemadam kebakaran tiba, tak berapa lama api dapat dipadamkan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sekda Alexander Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak di Ketapang

Sementara itu, PT PLN UP3 Ketapang memohon maaf atas kejadian yang disebutkan sebagai gangguan teknis pada PLTD Sukaharja sehingga mengakibatkan terhentinya saluran listrik di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara beberapa jam.

“Atas nama manajemen PLN UP3 Ketapang, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan layanan yang telah kami berikan, kejadian ini semua diluar prediksi kami,” sampai Manager PLN UP3 Ketapang, Blasius Gani melalui rilis yang diterima KalbarOnline, Senin (27/11/2023) malam.

“Mohon doa dan dukungan masyarakat agar upaya pemulihan pasokan listrik dapat segera kami selesaikan dengan baik, dan masyarakat dapat segera menikmati listrik kembali,” sambungnya.

Blasius Gani mengatakan, kalau pihaknya telah melakukan gerak cepat untuk pemulihan pasokan listrik pada sistem kelistrikan Ketapang, Kayong Utara dan sekitarnya pasca terjadinya gangguan teknis di PLTD Sukaharja tersebut.

Baca Juga :  Dua Rumah di Jalan Siam Pontianak Terbakar, Kinerja Petugas PLN Disorot

“Upaya penormalan kami lakukan secara bertahap agar masyarakat dapat segera menikmati listrik,” tutur Blasius.

Ia juga menambahkan, petugasnya juga segera memperbaiki kerusakan yang terjadi dengan melakukan penggantian panel listrik yang rusak. Sementara untuk menormalkan pasokan listrik ke arah Sukadana dilakukan melalui PLTD Melano.

Pihaknya juga melakukan berbagai upaya manuver pasokan listrik untuk memperpendek durasi dan memperkecil cakupan daerah yang terdampak padam.

Sistem kelistrikan di Kota ketapang dan sekitarnya mulai berangsur normal pada pukul 22.30 WIB. Hingga berita ini diterbitkan masih belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran di PLTD Sukaharja. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment