RSUD Agoesdjam Ketapang Buka Pendaftaran Operasi Bibir Sumbing Gratis

KalbarOnline, Ketapang – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Agoesdjam Ketapang akan melaksanakan bakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit-langit bibir tanpa dipungut biaya alias gratis. Kegiatan itu rencananya dilaksanakan pada tanggal 2 hingga 3 Desember 2023 mendatang.

Saat ini, pihak RSUD dr Agoesdjam Ketapang telah membuka pendaftaran. Tak hanya untuk warga Kabupaten Ketapang, namun juga untuk seluruh masyarakat Kalimantan Barat (Kalbar).

Direktur RSUD dr Agoesdjam Ketapang, Juhendro mengatakan, pihaknya menargetkan sebanyak 30 pasien untuk menjalani operasi tersebut. Dan hingga Selasa (21/11/2023), sudah ada 16 peserta yang mendaftarkan diri.

“Pendaftaran tetap kami terima sampai sekarang, harapan kami dengan adanya operasi gratis ini, adik-adik yang mengalami bibir sumbing bisa kembali tersenyum, senyum cerianya bisa kita rasakan bersama,” ujarnya, Selasa (21/11/2023).

Baca Juga :  Over Kapasitas, Tujuh Truk Diamankan Polres Ketapang

Juhendro menyebut, kalau satu di antara syarat untuk menjalani operasi bibir sumbing adalah minimal berusia tiga bulan dan minimal 18 bulan, untuk operasi celah langit-langit termasuk berat badan minimal lima kilogram dan dalam kondisi sehat.

“Operasi ini tak hanya untuk anak-anak namun juga bagi orang dewasa. Nanti akan ada pemeriksaan awal untuk menentukan kelayakan pasien tersebut untuk dilakukan tindakan operasi,” jelasnya.

Juhendro memastikan, operasi bibir sumbing dan celah langit-langit akan dilakukan oleh tim dokter profesional. Selain dari dokter rumah sakit Agoesdjam, tindakan operasi juga akan dilakukan bersama Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-langit (YPPCBL) Bandung, Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG UNPAD dan SMAIL TRAIN Indonesia.

Baca Juga :  Belajar Bahasa Isyarat Bayi

“RSUD Ketapang sudah memiliki dokter spesialis bedah mulut yaitu dokter gigi Yuli Indrawati, yang istilahnya akan menjadi kapten dalam program operasi bibir sumbing dan celah langit-langit gratis ini, estimasi akan ada enam dokter spesialis bedah mulut,” ungkapnya.

Juhendro menambahkan, sebagai rumah sakit rujukan regional, RSUD dr Agoesdjam Ketapang tetap memberikan pelayanan yang terbaik, bermutu dan profesional.

“Kegiatan ini bukti kepedulian Pemerintah Daerah Ketapang kepada seluruh masyarakat Ketapang dan Kalimantan Barat. Mari kita manfaatkan bersama bagi adik-adik yang mengalami bibir sumbing, agar senyum ceria mereka bisa kita rasakan bersama,” tandasnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment