Bawaslu Kapuas Hulu dan Forkopimcam Bunut Hulu Gelar Deklarasi Pemilu Damai

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu dan Forkopimcam Bunut Hulu menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2024 di aula Kantor Kecamatan Bunut Hulu, Sabtu (11/11/2023).

Deklarasi pemilu damai tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu Musta’an, Komisioner KPUD Kabupaten Kapuas Hulu, Sulaiman Iskandar, Camat Bunut Hulu Joko Kusmanto, Kapolsek Bunut Hulu Iptu Jaspian serta Danramil 1206-13/Bunut Hulu.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Hadir pula Kepala KUA Kecamatan Bunut Hulu, Mulyadi, Penggawa Kecamatan Bunut Hulu, M Taha, Kades se-Kecamatan Bunut Hulu dan pimpinan partai politik yang ada di Kecamatan Bunut Hulu serta para caleg yang berasal dari Kecamatan Bunut Hulu.

Musta’an pada kesempatan tersebut mengatakan, untuk mensukseskan pemilu tidak saja menjadi tanggung jawab penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu, akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama seluruh stakeholder.

Untuk itu, Musta’an meminta kepada seluruh camat, kepala desa menjaga keamanan dan ketertiban serta kelancaran pemilu di wilayah masing-masing. Sehingga pelaksanaan pesta demokrasi serentak tahun 2024 bisa berjalan aman, lancar, jujur dan adil serta berkualitas.

Selain itu, unsur Pimpinan Kecamatan bersama kepala desa dan peserta pemilu serta penyelenggara pemilu terus mensosialisasikan pemilu damai. Tanpa diwarnai politik uang, isu SARA, pemilih diwakilkan dan netralitas ASN dan kepala desa perangkat desa.

Baca Juga :  18 Anggota Panwascam Dilantik, Bahasan: Jalankan Tugas Secara Profesional

Musta’an juga mengapresiasi inisiasi deklarasi pemilu damai oleh Forkopimcam Bunut Hulu.

“Ini deklarasi damai yang pertama digelar oleh kecamatan yang diinisiasi oleh Forkopimcam bersama panwascam dan PPK. Dan langkah ini sudah sangat tepat. Semoga bisa segera disusul kecamatan lain di Kapuas Hulu,” jelasnya.

Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai di Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu. (Ishaq/KalbarOnline.com)
Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai di Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu. (Ishaq/KalbarOnline.com)

Dalam sambutannya, Kapolsek Bunut Hulu, IPTU Jaspian mengajak semua pihak untuk bersama-sama menciptakan suasana aman, damai dan kondusif menjelang pemilu serentak tahun 2024 atau sesudah pemilu sesuai tujuan digelarnya deklarasi ini.

IPTU Jaspian pun mengimbau kepada seluruh tamu undangan yang hadir untuk bersama-sama menjaga suasana kamtibmas, khususnya di Kecamatan Bunut Hulu, agar tetap aman, sejuk dan damai.

Jaspian menilai, perbedaan pemahaman serta pandangan politik adalah suatu yang lumrah, namun jangan hal tersebut menjadikan jarak yang berimplikasi dalam kehidupan sosial sehari-hari.

“Jadi mari kita terus pererat silaturahmi dan menjaga kebersamaan semangat persatuan dan kesatuan di Kecamatan Bunut Hulu,” ajaknya.

Baca Juga :  Polresta Pontianak Jaga Ketat Proses Hitung Suara Pemilu 2024 di Tingkat Kecamatan

Terakhir, mantan Kasi Humas Polres Kapuas Hulu itu berpesan kepada para undangan yang hadir untuk cerdas dalam menerima setiap informasi dari media sosial.

“Warga diharapkan dapat menyaring dan mengantisipasi berita yang bersifat hoax dan ujaran kebencian sehingga tidak terpancing oleh informasi yang tidak jelas yang berpotensi menimbulkan kekisruhan di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Sebelumnya, pembacaan deklarasi pemilu damai dipimpin Ketua Bawaslu Kapuas Hulu, Musta’an, S.Sos dan diikuti pengurus partai politik serta caleg peserta pemilu. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu dan Komisioner KPUD Kabupaten Kapuas Hulu bersama jajaran Forkopimcam dan PPK, panwaslu serta seluruh perwakilan parpol dan caleg peserta pemilu serentak tahun 2024 serta Kades se-Kecamatan Bunut Hulu dan Penggawa Kecamatan Bunut Hulu. (Ishaq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment