TP PKK Kalbar Terima Monev dari TP PKK Pusat

KalbarOnline, Kubu Raya – Bertempat di VIP Room Bandara Supadio, Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari beserta jajaran menyambut kedatangan Ketua Bidang IV Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP-PKK Pusat, Safriati Syafrizal dan rombongan yang akan melaksanakan kunjungan kerja di Kota Pontianak dan Kabupaten Mempawah, Rabu (08/11/2023).

Kunjungan kerja ke Bumi Khatulistiwa ini dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap 10 program pokok PKK, melakukan peninjauan pelatihan serta mengunjungi lokasi penanganan stunting dan keluarga tangguh tanggap bencana.

Adapun lokasi yang dikunjungi yakni ke Kelurahan Kota Baru dan Kelurahan Sungai  Beliung Kota Pontianak, Lapas Perempuan yang terletak di Pal 13 Kubu Raya dan lokasi Hatinya PKK di Kabupaten Mempawah.

Windy Prihastari menyampaikan, monev 10 program PKK yang telah dilaksanakan oleh PKK Kalbar diantaranya melaksanakan workshop peningkatan kapasitas pembentukan kadarkum PKK desa kelurahan, kemudian pelatihan keterampilan aplikasi Payet Busana, pelatihan pengolahan pangan lokal dan treatment pengolahan air bersih.

Baca Juga :  Hadiri Peresmian Rumah Terapi Nobel Kasih, Edi: Ini Sangat Membantu Pemerintah Dalam Peningkatan Kesehatan Warga

“Nanti kita lanjutkan dengan kunjungan ke lokasi penanganan stunting dan keluarga tangguh tanggap bencana yang merupakan pilot projek dan akan diikutkan penilaian secara nasional, yaitu ke Kelurahan Kota Baru dan ke Kelurahan Sungai Beliung,” katanya.

“Lalu, dilanjutkan juga dengan kunjungan ke lapas perempuan, yang mana nanti akan menyerahkan bantuan dan tentunya memberikan motivasi untuk para penerapi dana perempuan yang berada di sana,” sambung Windy.

Kemudian, tim juga akan melakukan kunjungan ke lokasi Hatinya PKK yang ada di Kabupaten Mempawah. Dan besok dilanjutkan dengan temu kader PKK dan pelaksanaan untuk launching inovasi pencegahan stunting yang diinisiasi oleh Provinsi Kalimantan Barat.

“Tak hanya itu, kita juga akan berkunjung langsung ke Posyandu bersama Ibu Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Ibu Tito Karnavian. Dilanjutkan dengan pemberian minuman, tablet tambah darah untuk minum bersama dengan para pelajar. Dan kemudian juga ada menanam pohon dan gerakan pangan murah,” terangnya.

Baca Juga :  Harisson dan Windy Cek Langsung Pelayanan RSUD Agoesdjam Ketapang

Windy mengatakan, dalam mendukung program-program tersebut, pihaknya juga menggandeng Kadis Ketahanan Pangan, Herti terkait panganan-panganan lokal yang memang diolah semenarik mungkin. Dimana ada umbi-umbian, kemudian ada olahan makanan ringan, hingga sup keladi ikan.

“Tentang pilot project itu tadi yang ditekankan adalah dua. Yang pertama pilot project di dalam penanganan stunting dan keluarga tangguh tanggap bencana yang ada di Kelurahan Kotabaru, mereka juga ada mempunyai inovasi dalam penanganan stunting tersebut,” katanya.

“Kemudian yang satunya adalah untuk sosialisasi dan penanganan penyakit menular di Kelurahan Sungai Beliung Dan juga kedua kelurahan ini sudah sampai ke tingkat nasional, makanya dari tim penggerak PKK Pusat datang langsung ke sini untuk menilai. Nah, mudah-mudahan, optimis kita untuk menang di tingkat nasional”, sampai Windy. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment