Pj Bupati Romi Jadi Irup Peringatan HSN 2023 di Ponpes Darul Quran Babussadah

KalbarOnline, Kayong Utara – Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya mEmimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-8 tahun 2023 di Pondok Pesantren Darul Quran Babussadah Teluk Batang, Minggu (22/10/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara (irup), Pj Bupati Romi Wijaya membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia dengan tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Romi menyampaikan bahwa jihad dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik, melainkan perjuangan secara keseluruhan yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu dan memperbaiki diri.

Kemudian sebagai santri, kata Romi, tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku sehari-hari.

Baca Juga :  Pj Bupati KKU: Sinergi Antar Semua Stakeholder Kunci Keberhasilan Pembangunan
Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya saat menjadi irup pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-8 tahun 2023 di Pondok Pesantren Darul Quran Babussadah Teluk Batang, Minggu (22/10/2023). (Foto: Dok Prokopim/Santo)
Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya saat menjadi irup pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-8 tahun 2023 di Pondok Pesantren Darul Quran Babussadah Teluk Batang, Minggu (22/10/2023). (Foto: Dok Prokopim/Santo)

“Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi dan persaudaraan. Hari santri adalah momentum yang tepat merefleksikan peran kita dalam menjayakan negeri ini,” ungkapnya.

Untuk itu, Romi mengajak semua masyarakat Indonesia apapun latar belakangnya, untuk turut ikut serta dalam merayakan Peringatan Hari Santri Nasional dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusian untuk Indonesia.

“Semangat jihad mereka dalam menjalankan ajaran agama dan berjuang untuk kemerdekaan sangat patut kita teladani. Oleh karena itu, mari kita amalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Romi: Temukan Faktor Penyebab Stunting dengan Data Akurat, Bukan Sekedar Asumsi

“Saya juga mengajak semua untuk berdoa agar Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar diberikan kita petunjuk, kekuatan dan kesabaran dalam menjalankan perjuangan sebagai santri yang berkomitmen pada jihad santri jayakan negeri, dan ini menjadi titik awal kita untuk lebih bersemangat dan berkontribusi bagi negeri, bangsa dan agama,” papar Romi menambahka . (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment