Pj Gubernur Harisson Tinjau Ponpes Madinatul Qur’an yang Diterpa Angin Puting Beliung

KalbarOnline, Kubu Raya – Berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Ad-Dakwah Madinatul Qur’an Desa Pal IX, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, melihat langsung kerusakan bangunan yang disebabkan angin puting beliung, pada Rabu (18/10/2023).

Seperti diketahui, musibah yang terjadi di area sekitaran ponpes ini berlangsung pada Selasa (17/10/2023) sekitar pukul 16.00 WIB. Peristiwa angin puting beliung ini ditandai dengan terjadinya angin yang kencang disertai hujan yang deras dan atap-atap rumah yang mulai berhamburan. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Pj Gubernur Kalbar menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Pengasuh Pondok Pesantren Ad-Dakwah Madinatul Qur’an, Ustadz Fahrur Rozi. Adapun bantuan yang diserahkan berupa 50 liter minyak goreng, 50 paket mie instan, makanan siap saji dan uang senilai Rp 100.000.000.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Resmikan Pembangunan Kantor Baru RSJ Provinsi di Singkawang

Usai melihat bangunan yang ambruk, Harisson menjelaskan, bahwa bangunan ponpes yang terkena musibah angin puting beliung saat ini sementara tidak bisa dimanfaatkan oleh Santri Ponpes tersebut.

“Jadi seperti yang kita lihat memang hampir 60 persen bangunannya itu  tidak bisa dimanfaatkan yang disebabkan oleh musibah angin puting beliung ini,” jelasnya.

Pj Gubernur berharap bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalbar ini dapat bermanfaat bagi Ponpes Ad-Dakwah Madinatul Qur’an yang baru saja terkena dampak musibah angin puting beliung.

Pj Gubernur Kalbar, Harisson meninjau bangunan area Ponpes Ad-Dakwah Madinatul Qur'an yang tertimpa musibah angin puting beliung, Rabu (18/10/2023). (Foto: Jauhari)
Pj Gubernur Kalbar, Harisson meninjau bangunan area Ponpes Ad-Dakwah Madinatul Qur’an yang tertimpa musibah angin puting beliung, Rabu (18/10/2023). (Foto: Jauhari)

“Jadi Pemprov Kalbar datang ke sini untuk memberikan bantuan berupa bahan pangan dan kita juga memberikan bantuan sebesar Rp 100 juta untuk rehab pondok pesantren, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat,” ucapnya berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban bagi yang terkena musibah.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Ad-Dakwah Madinatul Qur’an mengucapkan terima kasihnya atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalbar.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Pelaku Pungli dan Premanisme di SPBU Jalan Trans Kalimantan, Satu Pegawai SPBU Terlibat

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur dan semua jajarannya yang telah memberikan bantuan, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk Ponpes,” ucap Fahrur Rozi.

Dirinya juga menghimbau kepada kaum muslimin, sekiranya dapat saling memberikan bantuan hingga pembangunan ponpes ini dapat terselesaikan.

“Kami juga menghimbau, karena ada 8 (delapan) gedung fasilitas pesantren yang terdampak angin puting beliung. Mudah-mudahan sekiranya kaum muslimin dan muslimat bisa sama-sama menyisihkan sebagian untuk membantu penuntasan pembangunan,” tutupnya berharap.

Dalam tinjauan ini Pj Gubernur Harisson turut didampingi beberapa kepala perangkat daerah, yakni Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalbar, Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Kalbar dan Biro Administrasi Pimpinan Setda Kalbar. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment