Kapolres Ketapang Pimpin Apel Mantap Brata Kapuas 2023 – 2024

KalbarOnline, Ketapang – Dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2024, Polres Ketapang melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat “Mantap Brata Kapuas 2023 – 2024”, di halaman Mapolres Ketapang, Selasa, (17/10/2023).

Kapolres Ketapang selaku pembina upacara membacakan amanat Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Usai Apel Kapolres Ketapang dan jajarannya bersama Wakil Bupati Ketapang serta jajaran Forkopimda melakukan simulasi dengan cara TFG (Tactical Floor Game).

Kapolres Ketapang, AKBP Tommy Ferdian menerangkan, terkait dengan pengamanan Polres Ketapang sudah melaksanakan berbagai kegiatan untuk mempersiapkan personil beserta sarana dan prasarana.

“Kita melaksanakan latihan pelaksanaan operasi Mantap Brata dan kita juga melaksanakan pelatihan Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) bersama unsur penegak hukum terkait,” terangnya.

Kapolres menjelaskan, personel pengamanan yang dibentuk melalui penyeleksian yang ketat dengan menjalankan beberapa tes seperti tes psikologi dan tes kesehatan.

Baca Juga :  PLN UP3 Ketapang Siap Amankan Pasokan Listrik Natal dan Tahun Baru

“Untuk personel yang dilibatkan sudah melaksanakan tes kesehatan, kemudian tes rohani atau tes psikologi. Kemudian kita juga pastikan personil yang terlibat tidak ada bermasalah, siap fisik dan siap untuk melaksanakan tugas,” jelasnya.

Polres Ketapang melakukan pengaman dalam beberapa tahapan pemilu, yang pertama pada tanggal 19 Oktober melakukan pengamanan tahapan pendaftaran, pada tanggal 28 November sampai dengan akhir Desember memasuki masa kampanye dan pada Januari 2024 sampai dengan hari tenang bulan Februari.

“Dalam pengamanan pemilu ini kepolisian bersinergi dengan seluruh unsur baik dari pemerintah daerah, TNI, kementerian, lembaga yang terkait serta unsur-unsur instansi yang lainnya,” ucapnya.

Baca Juga :  Polisi Ini Beri Tausyiah Agama ke Tahanan: Pembinaan Kerohanian dan Mental

Dalam pergelaran operasi ini sebanyak 261.695 personel Polri dilibatkan guna mengamankan seluruh tahapan Pemilu.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, Farhan berpesan kepada masyarakat Kabupaten Ketapang untuk menggunakan hak pilihnya, jangan ada yang golput karena pada pemilihan ini akan menentukan pemimpin bangsa Indonesia.

“Pilihlah sesuai dengan hati nurani dari masing-masing masyarakat Kabupaten Ketapang,” ujarnya.

Wabup menghimbau kepada masyarakat secara bersama-sama menjaga situasi keamanan di wilayah Kabupaten Ketapang, baik di lingkungan sekitar maupun diseluruh wilayah Kabupaten Ketapang.

“Mari ikut bersama-sama membantu pihak pemerintah dalam hal ini Kepolisian Republik Indonesia, Polres Ketapang maupun pemerintah daerah dan seluruh jajarannya untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu 2024,” tutupnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment