Kempinski Jadi Saksi, Bank Kalbar Rengkuh Predikat Kinerja “Sangat Baik” di Ajang Sharia Award 2023

KalbarOnline, Pontianak – Prestasi gemilang dan membanggakan kembali direngkuh oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) Provinsi Kalbar atau Bank Kalbar. Kali ini lewat Unit Usaha Syariah (UUS)-nya yang berhasil menorehkan predikat kinerja “Sangat Baik” pada kategori modal inti di bawah Rp 2,5 triliun di ajang Sharia Award 2023.

Prestasi itu diumumkan dengan nyaring pada acara bertajuk “12th Infobank Sharia Recognition 2023” yang digelar oleh Infobank Media Group dalam rangkaian Sustainable Soe & Islamic Business Forum 2023, di Hotel Kempinski, Jakarta, Rabu (27/09/2023).

Penghargaan ini turut merajut kesuksesan kinerja Bank Kalbar konvensional di tahun 2023. Di mana dalam kurun waktu belum terlalu lama di tahun 2023, USS Bank Kalbar juga telah meraih Excellence Financial Performance Islamic Banking Unit Of Commercial Banking 2022 pada kegiatan Sustainable Soe & Islamic Business Forum 2023.

Anugerah penghargaan tersebut diberikan oleh majalah ternama Infobank, berkat keandalan produk dan layanan USS Bank Kalbar yang terus berinovasi di tahun 2022. Sekali lagi, hal ini menjadi bukti nyata bahwa bank dengan tagline “Bank Kite Punye Kite” sangat diperhitungkan oleh lembaga survey independen. Sehingga pada gilirannya, kekuatan eksistensi Bank Kalbar tentang keberpihakan bagi tumbuh kembang ekosistem syariah di provinsi itu tak usah diragukan.

Baca Juga :  Tegas! Maman Deklarasikan Diri Tidak Akan Maju di Pilgub Kalbar 2024

Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi yang dimintai tanggapannya mengungkapkan, bahwa guratan prestasi ini menjadi bukti nyata, kalau kerja keras dan kerja cerdas seluruh insan Bank Kalbar mendapat apresiasi positif dari masyarakat luas.

Alhamdulillah, sebagai Unit Usaha Syariah kinerja positif Bank Kalbar terus mendapatkan apresiasi positif. Penghargaan ini tidak lepas atas dukungan segenap nasabah, regulator, stakeholders dan shareholders,” katanya.

Rokidi menyampaikan, bahaa apresiasi ini akan menjadi suntikan semangat bagi Bank Kalbar untuk terus berperan aktif dalam memberikan maslahat, mendukung pemulihan ekonomi daerah serta nasional, terus berinovasi dan memperluas pelayanan sehingga berkontribusi lebih besar demi kemajuan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

“Untuk itu, penghargaan ini kami didedikasikan untuk seluruh stakeholder, shareholder serta keluarga besar Bank Kalbar yang mampu menyelaraskan langkah dalam merealisasikan visi dan misi Bank Kalbar,” tuturnya.

Berbicara angka, Rokidi menjelaskan, bahwa kinerja positif tersebut didukung oleh kepercayaan masyarakat melalui penempatan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang mencapai Rp 934 miliar tumbuh 17,84% dari tahun 2021. Untuk penyaluran pembiayaan, Bank Kalbar Syariah telah menggelontorkan sebesar Rp 1,2 triliun atau tumbuh 8,82% dari tahun 2021.

Baca Juga :  Strategi Tekan Inflasi dengan Perbanyak RPK, Harisson: Harga Pasar Stabil, Warga Ada Hasil

“Di tahun 2022 Aset Bank Kalbar Syariah mencapai sebesar Rp 2,16 triliun tumbuh sebesar 14,95% dari tahun 2021 dengan Non Performing Finance (NPF) cukup kecil di tahun 2022, yaitu sebesar 0,18% dapat mendongkrak pendapatan laba sebesar Rp 96 miliar di tahun 2022,” terangnya.

“Selain itu, Bank Kalbar Syariah juga terus menggarap potensi pengembangan Islamic Ecosystem, melalui zakat, sekolah Islam, pesantren dan masjid,” beber Rokidi menambahkan.

Sebagai informasi, acara Sustainable Soe & Islamic Business Forum 2023 yang bertemakan “Boosting Up Sustainable Business Through E.S.G.–Babak Baru Spin-off UUS” ini diikuti oleh 34 Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan 116 institusi keuangan syariah dinobatkan sebagai korporasi terbaik tahun 2023 oleh Majalah Infobank.

Acara pemberian penghargaan “The Best State Owned Enterprise (SOE) 2023” dan “The Best Financial Performance Sharia Guarantor Company 2023” dibuka oleh Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo dan Deputi Komisioner OJK Bidang Pengawas Bank Pemerintah dan Syariah, Bambang Widjanarko, dan dilanjutkan dengan seminar nasional bertema “Boosting Up Sustainable Business Through ESG and GRC-Babak Baru Spin-Off UUS”. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

Comment