RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak Beri Edukasi tentang Penyakit Hipoglikemia

LKalbarOnline, Pontianak – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak memberikan edukasi kepada enam pasien pengunjung rumah sakit tentang hipoglikemia, Jumat (06/10/2023).

Perawat RSUD SSMA, Mardiana menuturkan, hipoglikemia adalah kondisi seseorang ketika kadar gula dalam darahnya menurun di bawah batas normal (< 70 mg/dL).

“Hipoglikemia ini dapat dialami oleh siapapun, namun kondisi ini cukup sering dialami oleh seseorang yang menderita penyakit diabetes melitus,” jelasnya.

Baca Juga :  Serahkan DPA, Wako Edi Minta OPD Mulai Laksanakan Proyek Strategis

Dia menambahkan, hipoglikemia tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang cukup serius hingga kematian. Oleh  sebab itu, penting  untuk mengetahui serangkaian informasi mengenai penyebab, gejala dan cara mengatasi hipoglikemia.

Dengan penyuluhan ini, Mardiana berharap agar masyarakat dapat memiliki pemahaman yang lebih baik dalam mengenali gejala hipoglikemia dan mengetahui cara mengatasi serta mencegahnya.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi dan Anak

“Segera  konsumsi larutan air gula atau makanan tinggi gula seperti permen jika mengalami lelah, pusing, gemetar, pucat, keringat dingin atau jantung berdebar, dengan cara melarutkan dua sendok makan gula pasir ke dalam segelas air putih,” pesannya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

Comment