RSUD SSMA Pontianak Gelar Penyuluhan Penyakit Tiroid

KalbarOnline, Pontianak – Dokter Muda Tupa Julita Tampubolon memberikan penyuluhan tentang penyakit tiroid kepada 21 pasien dan pengunjung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Selasa (28/11/2023).

Tupa menuturkan, penyakit  tiroid merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada kelenjar tiroid yang mempengaruhi fungsi kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon.

“Penyebab terjadinya penyakit tiroid tergantung pada jenis penyakitnya, sedangkan kondisi yang bisa menjadi penyebab dan pemicu munculnya penyakit tiroid adalah kekurangan yodium, peradangan pada kelenjar tiroid, faktor keturunan, penyakit autoimun atau gangguan hormon penstimulasi tiroid di otak,” jelasnya.

Baca Juga :  Budayakan Tanjak, POM Kalbar: Penegasan Identitas Budaya Melayu

Faktor risiko yang bisa membuat seseorang menderita penyakit tiroid adalah umumnya mereka yang berusia di atas 40 tahun, memiliki keluarga dengan riwayat penyakit tiroid, gangguan autoimun, stres emosional atau fisik, kehamilan dan merokok.

“Gejala yang umum timbul pada penyakit tiroid adalah munculnya benjolan di leher, sedangkan gejala lainnya berupa tremor, berat badan menurun, mudah berkeringat, gangguan tidur, gugup, cemas, mudah tersinggung dan jantung berdebar,” ungkapnya.

Namun penyakit tiroid dapat disesuaikan dengan jenis penyakitnya, pada penyakit hipertiroid atau  kelebihan hormon tiroid dapat diobati dengan modifikasi gaya hidup, pemberian obat antitiroid, terapi iodin radioaktif, atau pembedahan, sedangkan pada penyakit hipotiroid dapat diobati dengan memberikan levothyroxine atau obat hormon tiroid buatan.

Baca Juga :  Gapki Kalbar Gelar Diskusi Karhutla dan Buka Puasa Bersama Insan Pers

“Penyakit tiroid dapat menimbulkan komplikasi berupa koma miksedema dan  krisis tiroid apabila tidak segera diatasi,” terangnya.

Julita menganjurkan agar segera melakukan pemeriksaan ke dokter apabila muncul benjolan di leher atau mengalami gejala hipertiroid atau hipotiroid guna memantau perkembangan penyakit dan mengevaluasi efektifitas pengobatannya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment