Kalbar Sabet Juara Nasional Desa Wisata Terfavorit di Ajang ADWI 2023

KalbarOnline, Jakarta – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) kembali berhasil menyabet prestasi membaggakan di level nasional. Kali ini salah satu desa yang menjadi binaan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar berhasil keluar sebagai juara pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Pengumuman juara itu disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (27/08/2023).

Dalam kesempatan itu, Menparekraf RI mengumumkan, bahwa Desa Wisata Cipta Karya di Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalbar, keluar sebagai juara nasional untuk kategori desa wisata terfavorit.

Tak hanya meraih juara untuk kategori terfavorit, Desa Wisata Cipta Karya juga meraih juara harapan empat untuk kategori pengelolaan toilet dan homestay. Selain itu, desa wisata asal Kalbar lainnya, yakni Desa Jeruju Besar juga sukses meraih juara harapan empat untuk kategori desa rintisan.

Sandiaga kala itu menjelaskan, dari 75 desa wisata yang masuk ajang ADWI tahun ini, terdapat dua desa yang keluar sebagai juara. Selain kategori desa wisata terfavorit yang diraih Kalbar, ada pula anugerah untuk desa wisata terbaik yang diberikan kepada Desa Wisata Ketapang Rame, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Jatim).

Baca Juga :  Windy Apresiasi Seluruh Korpri Pemkot Pontianak Jadi Orang Tua Asuh Anak Stunting

Menanggapi prestasi tersebut, Kadisporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengungkapkan, desa wisata Kalbar yang masuk di dalam ADWI 2023 merupakan bagian dari binaan Disporapar Kalbar. Jauh sebelum ADWI dimulai, pihaknya memang telah melaksanakan kegiatan pra ADWI. Di mana sejak awal tahun 2023, Windy bersama tim telah turun langsung melakukan jemput bola mengunjungi desa-desa wisata unggulan di tiap daerah se-Kalbar.

Beberapa hal yang dilaksanakan saat pra ADWI dijelaskan dia, pertama adalah mendorong pemenuhan indikator desa wisata di 14 kabupaten/kota. Termasuk pemenuhan syarat-syarat untuk mendaftar di ADWI itu sendiri. Bahkan pihaknya menjadi yang pertama di Indonesia, membuat penilaian tersendiri untuk anugerah desa wisata tingkat provinsi.

Baca Juga :  Disporapar Kalbar Gelar Lomba Paket Wisata, Begini Teknisnya

“Pemprov Kalbar satu-satunya provinsi yang membuat kegiatan pra ADWI tingkat provinsi, dan penghargaannya sudah diberikan pada saat Kalbar Award yang lalu. Desa Wisata Cipta Karya (sebelumnya) juga mendapatkan (anugerah) desa wisata terbaik tingkat provinsi,” ungkapnya kepada awak media, Senin (28/08/2023).

Windy menambahkan, Pemprov Kalbar sejauh ini memang konsen dalam pengembangan desa-desa wisata. Mulai dari tidak ada sama sekali (nol) desa wisata, hingga sekarang Kalbar sudah memiliki 85 desa wisata yang terverifikasi secara nasional.

“Bahkan pada waktu libur lebaran kemarin, kami mengeluarkan program promosi digital menggunakan barcode untuk desa wisata se-Kalbar,” ujarnya.

Windy berharap, prestasi yang telah diraih Desa Wisata Cipta Karya dan Desa Wisata Jeruju Besar pada ADWI 2023 tersebut, bisa memotivasi desa wisata lainnya yang ada di Kalbar. Sehingga di tahun-tahun berikutnya akan semakin banyak desa wisata asal Kalbar dapat berprestasi di ADWI. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment