Disporapar Kalbar Gelar Lomba Paket Wisata, Begini Teknisnya

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mengadakan lomba paket wisata tahun 2023. Untuk pendaftarannya dimulai pada tanggal 17 Januari sampai dengan 23 Januari mendatang.

Kepala Disporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengungkapkan, lomba yang terbuka untuk umum tersebut merupakan salah satu langkah pemerintah dalam mempromosikan wisata di Kalbar.

“Alasan diadakannya lomba paket wisata karena sebuah destinasi wisata harus dipersiapkan dengan baik dari segi atraksi, sarana prasarana, maupun pelayanan kepada tamu yang datang,” ujarnya kepada awak media, Selasa (17/01/2023).

Selain itu, lomba yang diadakan ini sekaligus sebagai upaya pihak Disporapar Provinsi Kalbar untuk membangkitkan kembali pariwisata daerah–mengingat sektor ini menjadi salah satu yang paling terdampak selama pandemi dua tahun terakhir.

Baca Juga :  Awali Kunker di Kayong Utara, Harisson dan Windy Serahkan Bantuan Pangan Pengendali Inflasi

“Kalau (destinasi wisata) tidak kita buat paket wisata dan kita promosikan, tentunya sangat sayang sekali,” kata Windy.

Melalui lomba paket wisata, Windy pun berharap, masyarakat jadi lebih banyak tahu tentang destinasi wisata yang ada di Kalbar, termasuk cara dan hal-hal terkait lainnya, untuk dapat mengunjungi sebuah destinasi wisata.

“Sehingga dengan paket wisata yang telah disusun akan semakin mempermudah wisatawan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, secara teknis, ada tiga jenis paket wisata yang dilombakan, yakni paket tiga hari dua malam, dua hari satu malam, dan paket satu hari. Adapun proses perlombaan ini akan berlangsung hingga akhir Januari nanti. 

Setelah pendaftaran, masing-masing peserta akan mempresentasikan inovasinya di depan tim juri pada tanggal 24 – 25 Januari 2023. Lalu dilanjutkan dengan jeda penilaian pada 26 – 27 Januari 2023.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Serahkan DIPA dan Alokasi TKDD 2019

“Pengumuman pemenang pada 29 Januari 2023. Pada HUT (Hari Ulang Tahun) Pemprov akan kami launching hasil pemenang lomba paket wisata tersebut,” terang Windy.

Tak hanya itu, di momen yang sama pada perayaan HUT ke-66 Pemprov, pihaknya juga akan meluncurkan promosi Kalbar Rimba dan Budaya di bus Damri trayek internasional. Dalam hal ini, Pemprov Kalbar dikatakannya, telah bekerja sama dengan Damri untuk mempromosikan pariwisata Kalbar dengan brand rimba dan budayanya.

“Akan ada tiga bus Damri yang akan diluncurkan, pada bus Damri dengan (stiker) co branding rimba dan budaya. Kita juga akan melakukan fun trip dengan paket wisata yang menang,” pungkasnya. (Jau)

Comment